Jakarta (ANTARA) -
Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menegaskan bahwa pandemi COVID-19 jangan menjadi penghalang untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) yang unggul.
 
"Pandemi COVID-19 justru menyadarkan kita pentingnya SDM yang tangguh serta mampu berpikir dan bertindak dengan cara-cara luar biasa, mampu beradaptasi dengan cepat sehingga bisa bertahan menghadapi kesulitan, tidak tertinggal, dan menang dalam persaingan," kata Kasau saat membuka Festival Edukasi Sekolah Angkasa (Fesa) 2020 secara virtual di Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur, Senin.
 
Oleh karena itu, Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) harus tetap tumbuh, berkarya, dan berbuat yang terbaik demi bangsa.

Baca juga: Kasau: Budaya belajar seumur hidup harus tumbuh subur di TNI AU
 
Tentunya dengan cara-cara yang terukur dan aman, salah satunya dengan meningkatkan taraf pendidikan melalui sekolah-sekolah angkasa seperti terselenggaranya Angkasa Mathematic dan Science Olympiad (AMSO).
 
"Melalui peran Yasarini dan lewat Sekolah Angkasa, TNI Angkatan Udara juga turut membantu pemerintah dalam mewujudkan visi Indonesia Maju, melalui kualitas SDM generasi penerus yang unggul untuk masa depan bangsa," kata Fadjar dalam keterangan tertulisnya.
 
Kegiatan ini telah terlaksana sebanyak empat kali, yang berbeda dari tahun sebelumnya tahun ini dilakukan secara daring dengan mengusung tema "Sukses Karakter, Sukses Prestasi", yang diikuti oleh seluruh siswa Sekolah Angkasa dari 54 sekolah di 19 cabang jajaran, baik SD, SMP, SMA, maupun SMK.
 
Kegiatan AMSO ini meliputi perlombaan antarsiswa, apresiasi kepala sekolah dan guru inovatif, pemilihan ketua cabang berdedikasi, serta "Workshop" Kepala Sekolah dan Guru.

Baca juga: Kasau resmikan Politeknik Angkatan Udara
 
Adapun kriteria AMSO yang dilombakan untuk tingkat SD meliputi matematika dan IPA, tingkat SMP matematika, IPA, dan IPS, sedangkan untuk tingkat SMA jurusan IPA yaitu matematika dan fisika, jurusan IPS yaitu geografi dan ekonomi.
 
Para siswa yang mengikuti AMSO ini telah melewati beberapa proses seleksi hingga mereka bisa mengikuti babak penyisihan yang hari ini dilaksanakan hingga nanti memasuki babak final.
 
Setelah melaksanakan pembukaan FESA 2020, diselenggarakan "video conference" kunjungan ke beberapa Sekolah Angkasa yang menyelenggarakan AMSO 2020.
 
Hadir dalam acara tersebut Ketua Umum Yasarini Nanny Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Udara selaku Pembina Yasarini Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan Ketua Umum PIA Ardhya Garini selaku Wakil Ketua Umum Yasarini Inong Fadjar Prasetyo, Wakil Kepala Staf Angkatan Udara selaku Pengawas Yasarini Marsda TNI Fahru Zaini Isnanto, dan Wakil Ketua Umum PIA Ardhya Garini selaku Ketua Harian Yasarini Ibu Ana Fahru Zaini.

Baca juga: Kasau: Korpaskhas harus mampu hadapi ancaman persenjataan Nubika
 
Selain itu hadir juga para asisten di lingkungan TNI AU beserta istri dan Kapuslaiklambangja beserta istri, Pembina dan Ketua Yasarini Perwakilan Koopsau I, Koopsau II, Koopsau III dan Kodiklatau, Para Pembina dan Ketua Yasarini Cabang Jajaran dan civitas Sekolah Angkasa seluruh Indonesia.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020