Jakarta (ANTARA) - Feyenoord mengudeta posisi dua klasemen sementara Liga Belanda dari Vitesse Arnhem setelah melumat VVV Venlo 3-0 di markasnya sendiri dalam laga pekan ke-12 yang berlangsung di Stadion De Koel, Minggu.

Feyenoord dan Vitesse kini sama-sama mengoleksi 26 poin, namun tim besutan Dick Advokaat itu unggul selisih gol. Feyenoord juga tinggal terpaut empat poin dari sang pemuncak klasemen Ajax Amsterdam.

Sedangkan VVV Venlo tertahan di bibir zona playoff degradasi setelah mengumpulkan hanya sembilan poin. Mereka juga gagal meraih poin penuh di empat laga terakhir, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Baca juga: Vitesse gagal dekati Ajax setelah ditahan imbang Heerenveen

Di atas kertas, Steven Berghuis dan kawan-kawan unggul atas tuan rumah dengan 21 percobaan tendangan dan delapan di antaranya mengarah ke gawang.

Berbanding terbalik dengan VVV yang mencatatkan hanya tiga tendangan mengarah ke gawang dari delapan percobaan.

Meski menguasai jalannya pertandingan, tim tamu baru bisa memecah kebuntuan saat laga memasuki menit ke-68. Sepakan Jens Toornstra dari luar kotak penalti meluncur mulus tanpa bisa ditepis kiper VVV Venlo, Delano van Crooij.

Hanya berselang empat menit giliran sang kapten Steven Berghuis mencatatkan namanya di papan skor. Sepakan melengkungnya dari luar kotak penalti hanya membuat van Crooij bergeming.

Tak lama setelah itu, Jens Toornstra membukukan gol keduanya dalam pertandingan tersebut. Awalnya ia melepaskan tendangan yang masih bisa ditepis kiper, namun bola tak memantul jauh dan kembali disambar pemain asal Belanda itu.

Skor 3-0 untuk kemenangan Feyenoord atas VVV Venlo bertahan hingga peluit panjang.

Selanjutnya Feyenoord akan menghadapi Vitesse pada Minggu (20/12), sementara akan menjamu FC Twente sehari sebelumnya.

Baca juga: Pemain Ajax Quincy Promes ditahan atas kasus penusukan
Baca juga: Nick Kuipers gabung klub Belanda hanya sekadar latihan

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2020