Kami berikan apresiasi atas semangat ibu Darlili
Mentok, Babel (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyalurkan santunan kepada seorang pengawas tempat pemungutan suara (TPS) yang mengalami kecelakaan lalu lintas saat Pilkada 2020.

"Santunan ini sebagai bentuk simpati kami kepada pengawas TPS, bernama Darlili yang mengalami kecelakaan tunggal dalam perjalanan menuju TPS di Desa Simpangtiga, Simpangteritip," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Barat Rio Febri Fahlevi, di Mentok, Sabtu.

Menurut dia, kegigihan ibu Darlili yang tetap menjalankan tugas dan tanggung jawab menjadi pengawas TPS setelah kecelakaan tunggal yang mengakibatkan tulang bahu kanan patah, patut mendapatkan apresiasi tinggi.

Pada Rabu (9/12) sekitar pukul 05.30 WIB, Darlili mengalami kecelakaan tunggal dalam perjalanan menuju TPS, terjatuh dari sepeda motor karena menghindari pohon tumbang yang melintang di tengah jalan.

"Saat itu hujan lebat mengakibatkan jarak pandang terbatas dan kondisi jalan licin," ujar Rio menjelaskan.

Kondisi jalan saat itu sepi dan tidak ada seorang pun yang membantu, sehingga Darlili bersusah payah bangun menahan rasa sakit, dan tetap menuju lokasi TPS untuk menjalankan tugasnya.

"Kami baru tahu kabar tersebut sehari setelah pemungutan suara, karena lokasi TPS cukup jauh, telepon seluler milik Darlili rusak dan susah sinyal," katanya pula.

Rio mengatakan, para pimpinan Bawaslu Kabupaten Bangka Barat bersama jajaran, didampingi Panwascam dan PKD Simpangteritip telah berkunjung ke rumah Darlili untuk memastikan kondisi kesehatan.

Darlili tetap menjalankan tugas pengawasan walaupun dalam keadaan sakit, bahkan masih mengawal logistik kotak suara sampai ke Sekretariat PPS di Kantor Desa Simpangtiga.

"Kami berikan apresiasi atas semangat ibu Darlili sebagai bagian dari keluarga besar Bawaslu, semangat dan pengorbanan itu patut dicontoh. Ibu Darlili melakukan itu semua demi terciptanya Pilkada Kabupaten Bangka Barat yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan berkualitas," kata Rio.
Baca juga: KPU Bangka Barat-Pos Indonesia distribusikan logistik Pilkada 2020
Baca juga: KPU Bangka Barat siapkan pendamping untuk pemilih berkebutuhan khusus

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020