Jakarta (ANTARA) - Sebelum melakukan perawatan kulit (skincare) sendiri, ada baiknya untuk mengenal jenis kulit terlebih dahulu agar kulit wajah mampu mendapatkan perawatan dan hasil yang maksimal.

Brand kecantikan Y.O.U, melalui keterangan yang diterima ANTARA, Rabu, membagikan sejumlah kiat perawatan yang cocok untuk masing-masing jenis kulit.

Kulit Kering
Kulit kering cenderung terlihat kasar bahkan bersisik. Pori-pori pun juga lebih terlihat. Pemilik jenis kulit kering memerlukan perawatan ekstra yang menghidrasi kulit secara mendalam.

Coba gunakan produk yang mengandung Hyaluronic acid, Lactic acid serta bahan-bahan alami yang melembapkan, seperti buah delima, madu, mawar, aloe vera, shea butter dan lainnya.

Kulit Berminyak
Kulit berminyak biasanya memiliki pori-pori terbuka, jerawat, dan komedo. Pemilik kulit berminyak disarankan untuk menggunakan skincare yang memiliki kandungan Hyaluronic acid dan/atau Niacinamide.

Y.O.U Simply Fresh Facial Wash & Facial Scrub dengan ekstrak Lemon & Honey dapat mengontrol minyak dan mencegah timbulnya jerawat, serta Y.O.U The Radiance White dengan kandungan Snow Mushroom, Niacinamide, dan Vitamin C untuk mencerahkan dan menjaga kelembapan kulit.

Ada juga Y.O.U My Skin-mate Face Mask varian Cactus & Kiwi atau Magnolia & Lemon yang bisa mengontrol sebum berlebih sekaligus menutrisi kulit.

Kulit Sensitif
Bagi pemilik kulit sensitif, hindari skincare dengan kandungan alkohol. Y.O.U My Skin-mate Face Mask varian Lotus & Cucumber cocok untuk menenangkan kulit kemerahan, serta Y.O.U Multi-purpose Aloe Vera Gel untuk menenangkan dan merawat kulit.

Kulit Kombinasi
Kulit kombinasi terbagi menjadi 2, yaitu normal to dry dan normal to oily. Pada kulit normal to dry, area T-Zone cenderung normal, sedangkan di bagian pipi cenderung kering. Sedangkan, kulit normal to oily cenderung normal di bagian pipi atau dagu, tapi berminyak di bagian T-Zone.

Bagi yang memiliki kulit kombinasi, gunakanlah skincare dengan Hyaluronic acid, Vitamin C, dan Lactic acid. The Radiance White atau Golden Age bisa jadi pilihan. Jangan lupa untuk scrub wajah setiap 2 kali dalam minggu.

Kombinasikan Simply Bright Facial Scrub di bagian yang kering dan Simply Fresh Facial Scrub di bagian berminyak. Kandungan pH balanced formulanya cocok untuk menjaga keseimbangan pH kulit.

Sheet mask yang dipakai juga bisa disesuaikan dengan kondisi kulit. Jika cenderung kering bisa Rose & Honey, kalau cenderung berminyak bisa Cactus & Kiwi.

Kulit Normal
Pemilik kulit normal bisa pakai skincare dengan kandungan apapun yang diinginkan. Namun, tetap yang sudah lulus uji BPOM supaya tidak memberikan efek negatif jangka panjang.

Gunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulit secara rutin. Tips terakhir yang perlu diingat, pengguna harus menyeimbangkan skincare routine sehari-hari dengan skincare weekly (sheet mask atau facial scrub).

Y.O.U akan memberikan diskon spesial hingga 70 persen serta voucher hingga Rp35 ribu khusus di tanggal 12 Desember 2020 loh di toko resmi Y.O.U di Shopee.

Baca juga: Rayakan ulang tahun kedua, Y.O.U luncurkan Colorland Limited Edition

Baca juga: Dehidrasi hingga radikal bebas, ini dia penyebab kulit wajah kusam

Baca juga: Mengintip "pouch" riasan dan perawatan kulit Sandra Dewi

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020