Segala tindakan yang sekiranya dapat memberikan kepastian dan juga harapan bagi para nasabah Jiwasraya, haruslah dilakukan. Termasuk mengumumkan program restrukturisasi yang segera dieksekusi oleh manajemen Jiwasraya
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VI DPR Adisatrya Suryo Sulisto minta agar manajemen baru PT Asuransi Jiwasraya (Persero) segera mengumumkan program restrukturisasi polis untuk memberikan memberikan kepastian bagi nasabah Jiwasraya.

“Segala tindakan yang sekiranya dapat memberikan kepastian dan juga harapan bagi para nasabah Jiwasraya, harus dilakukan. Termasuk  mengumumkan program restrukturisasi yang segera dieksekusi oleh manajemen Jiwasraya,” kata Adisatrya dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, dalam pengumuman tersebut tentunya juga harus dijelaskan secara rinci mengenai bagaimana skema restrukturisasi yang akan dilakukan.

“Jangan sampai para nasabah Jiwasraya yang sudah mengalami kemalangan dan hampir kehilangan harapan tersebut merasa tidak mendapatkan kejelasan mengenai proses restrukturisasi yang akan dijalankan manajemen,” katanya.

Pemerintah dan DPR RI sudah sepakat untuk menjalankan program restrukturisasi dalam menyelesaikan masalah Jiwasraya dengan mendirikan entitas baru, yaitu IFG Life. Untuk modal, pemerintah menempuh opsi penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 22 triliun.

Sementara itu, Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) menilai bahwa kebijakan restrukturisasi Jiwasraya tentunya harus mengedepankan perlindungan konsumen atau nasabah para pemegang polis.

"Apapun pilihan yang sudah diambil dan didiskusikan, tentunya mengedepankan kepentingan bagi nasabah atau konsumen Jiwasraya," ujar Ketua BPKN Rizal E Halim.

Ia menambahkan yang terpenting bagi konsumen adalah garansi atau jaminan bahwa dana nasabah dapat kembali.

"Saya pikir sudah jelas karena pemerintah melalui Menteri BUMN sudah membuat pernyataan menggaransi dana nasabah Jiwasraya. Mekanismenya seperti apa, ya melalui proses politik di DPR, restrukturisasi adalah pilihan terbaik dalam proses politik itu," ucapnya.

Flying Team

Direktur Kepatuhan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Jiwasraya, Mahelan Prabantarikso pihaknya telah menyiapkan “flying team” yang merupakan perwakilan manajemen untuk berkomunikasi secara efektif dengan seluruh pemegang polis Jiwasraya.

"Flying team ini berasal dari internal perusahaan yang sudah dibekali informasi lengkap mengenai Program Restrukturisasi Polis Jiwasraya. Nantinya Flying team ini akan menghubungi para pemegang polis Jiwasraya hingga ke pelosok-pelosok daerah sebagai komitmen Kami dalam memberi pelayanan yang terbaik pada saat melaksanakan Program Restrukturisasi," ujar Mahelan,

Dengan dibentuknya flying team ini diharapkan penyebaran informasi mengenai Program Restrukturisasi Polis Jiwasraya dapat tersampaikan secara lengkap, terstruktur dan komprehensif.

Informasi yang akan disosialisasikan flying team meliputi skema restrukturisasi, produk subtitusi, hingga status polis setelah dilakukan restrukturisasi.

Ia pun optimistis keberadaan flying team akan turut membantu tim internal di sejumlah kantor wilayah pada saat pelaksanaan Program Restrukturisasi Polis Jiwasraya.

"Setelah program restrukturisasi resmi diumumkan, flying team secara bertahap melakukan komunikasi dengan seluruh pemegang polis baik secara online atau ofline dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," ujar Mahelan yang juga menjadi Koordinator Tim Satuan Tugas (Satgas) Hukum dan Komunikasi Restrukturisasi Jiwasraya.

Bersamaan dengan pembentukkan flying team, manajemen baru Jiwasraya juga telah menyiapkan tiga produk baru dalam rangka merealisasikan program restrukturisasi guna menyelamatkan seluruh polis Jiwasraya, yaitu bernama Tata Masa Depan (Tampan), Manfaat Bertahap (Mantap), dan Pendanaan Hari Tua (PHT) yang akan dirilis bersamaan dengan pengumuman Program Restrukturisasi Polis Jiwasraya pada Desember

Baca juga: Jiwasraya siapkan tiga produk baru realisasikan strukturisasi

Baca juga: Restrukturisasi polis, nasabah Jiwasraya minta diperlakukan adil

Baca juga: Ketua Panja DPR minta OJK percepat izin restrukturisasi Jiwasraya

 

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020