Atlet muda juga perlu dibiasakan untuk bertanding secara beregu
Jakarta (ANTARA) - Dimasukannya turnamen beregu dalam Liga PB Djarum 2020 menurut Ketua PB Djarum Yoppy Rosimin untuk menambah jam terbang dan menguji semangat juang atlet muda agar di masa depan terbiasa dengan format tim.

Berbeda dari liga sebelumnya yang hanya mempertandingkan kategori perorangan, gelaran tahun 2020 ini menambahkan kategori beregu, dengan sebanyak 65 pertandingan pada beregu putra dan putri sampai hari Rabu.

"Selain individu, atlet muda juga perlu dibiasakan untuk bertanding secara beregu. Berdasarkan pengalaman para legenda bulu tangkis Indonesia, tekanan beregu itu sangat berbeda dengan individu," kata Yoppy melalui keterangan resminya, Senin.

Baca juga: Sukses di tahun pertama, Liga PB Djarum berpeluang dilanjutkan
Baca juga: 41 atlet bulu tangkis muda terima bonus Rp104,4 juta dari PB Djarum


Kategori beregu menggunakan format seperti Piala Thomas dan Uber, dengan susunan tiga pemain tunggal dan dua pasangan ganda. Setiap tim akan diperkuat atlet U15 hingga atlet dewasa.

"Pada pertandingan beregu meskipun tim sudah meraih tiga kemenangan, pertandingan sisa akan tetap dipertandingkan sampai partai kelima. Hal tersebut untuk menambah jam terbang para atlet dan mengasah ketahanan fisik mereka," ucap Yoppy yang juga menjabat Direktur Program Bakti Olahraga Djarum Foundation.

Manajer Tim PB Djarum Fung Permadi menyatakan alasan serupa terkait keputusan PB Djarum untuk menjalani lima partai.

Baca juga: PB Djarum tekankan faktor mental dalam proses perekrutan
Baca juga: PB Djarum paparkan proses pembinaan atlet di parlemen


"Kesempatan ini bukan sekadar melihat si atlet menang atau kalah, tapi juga kesempatan bagi mereka untuk bermain sebanyak-banyaknya," jelasnya.

"Bagi PB Djarum, kebutuhan yang paling mendasar setelah sekian lama berlatih adalah pertandingan. Lima partai pada kategori beregu ini merupakan solusi kami untuk mengisi kekosongan turnamen atau kejuaraan di saat pandemi ini," kata Fung menambahkan.

Kategori beregu ini menjadi cambukan semangat bagi atlet PB Djarum untuk mengerahkan seluruh kemampuan terbaik mereka agar tampil gemilang.

Baca juga: Ahsan dan Butet semangati para peserta Liga PB Djarum
Baca juga: Mutiara Ayu atlet terbaik Liga PB Djarum 2020 setelah bikin kejutan

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020