Banjarmasin (ANTARA) - KRI Mandau-621 turut menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak 2020, yaitu dengan mengamankan perairan Kalimantan Selatan selama gelaran demokrasi itu berlangsung.

"Kami melaksanakan patroli keamanan laut di wilayah kerja Pangkalan TNI AL Banjarmasin terhitung mulai hari ini hingga 10 Desember 2020," kata Komandan KRI Mandau-621, Letnan Kolonel Laut (P) Dedi Wardana, di Banjarmasin, Senin.

Menurut dia, pengamanan Pilkada merupakan tugas tambahan mereka selain operasi gabungan pengamanan wilayah perbatasan laut Indonesia-Malaysia di bawah kendali operasi Gugus Tempur Laut Komando Armada II TNI AL yang berkedudukan di Surabaya. KRI Mandau-621 merupakan kapal patroli yang tergabung dalam Satuan Kapal Cepat.

Sesaat setelah sandar di dermaga Pelabuhan Trisakti di Banjarmasin, dia langsung berkoordinasi dengan Pangkalan TNI AL Banjarmasin dan pemerintah daerah setempat dalam menciptakan dan menjaga wilayah agar tetap kondusif selama Pilkada.
 
Komandan Pangkalan TNI AL Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Sandharianto (lima kiri) menyambut kedatangan KRI Mandau-621 yang dikomandani Letnan Kolonel Laut (P) Dedi Wardana (tujuh kiri), di Banjarmasin, Senin. ANTARA/Firman


Pada sisi lain, KRI Mandau-621 juga membawa material kesehatan berupa 200 alat pelindung diri untuk penanganan Covid-19 dari Dinas Kesehatan Komando Armada II TNI AL yang diserahkan kepada Danlanal Banjarmasin, Komandan Pangkalan TNI AL Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Sandharianto.

Sandharianto mengatakan kehadiran KRI Mandau-621 tentu mempertebal kekuatan di perairan dalam menjaga situasi keamanan laut selama pilkada.

"TNI Angkatan Laut mendukung sepenuhnya pilkada yang aman, lancar dan damai. Hadirnya KRI Mandau-621 menjadi wujud nyata bahwa kami siap menyukseskan pilkada di Kalimantan Selatan yang berlangsung di tujuh kabupaten dan kota serta pemilihan gubernur," kata dia.

 

Pewarta: Firman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020