Kuala Lumpur (ANTARA) - Berdasarkan hasil riset Khazanah Research Institute, rakyat Malaysia kini hidup lebih lama karena tarap kesehatan rakyat Malaysia secara keseluruhannya telah meningkat dibanding beberapa dekade sebelumnya.

Laporan yang dirilis Minggu tersebut menyebutkan kesehatan yang meliputi perawatan kesehatan yang baik tidak hanya ditentukan oleh akses kepada penjagaan kesehatan, namun terkait erat dengan beberapa faktor lain termasuk keadaan hidup, pekerjaan, lingkungan serta tingkah laku.

Khazanah Research Institute merupakan lembaga penelitian yang berfokus pada upaya peningkatan kesejahteraan rakyat Malaysia yang disponsori oleh Khazanah Nasional Berhad.

Baca juga: Persentase lansia terus meningkat setiap tahun, sebut Menteri PPPA

Baca juga: Harapan hidup meningkat tapi orang sakit lebih lama


Di samping faktor perawatan kesehatan, laporan ini membahas faktor-faktor sosial, khususnya pendapatan dan pekerjaan, dan kaitannya dengan status kesehatan masyarakat Malaysia.

Laporan tersebut juga menyebutkan harapan hidup ialah jumlah tahun seseorang diharapkan hidup dan merupakan petunjuk utama dalam menilai tahap kesehatan masyarakat.

Secara rata-rata, bayi laki-laki dan perempuan yang lahir pada 2020 masing-masing diharapkan hidup selama 72,6 dan 77,6 tahun.

Jauh lebih lama dibanding harapan hidup bayi yang lahir pada 1970 yaitu 61,6 tahun bagi bayi laki-laki dan 65,6 tahun bagi bayi perempuan.

Laporan tersebut menyampaikan peningkatan harapan hidup ini searah dengan pengurangan tingkat kematian, termasuk kematian anak-anak dan ibu bersalin.

Sebagai contoh, pada 1970 tingkat kematian di kalangan bayi berumur kurang daripada 28 hari (kadar kematian neonatal) ialah 21,4 bagi setiap 1.000 kelahiran, dan kadar ini telah menurun kepada 4,1 pada 2019.

Penurunan serupa juga dapat dilihat bagi kadar kematian dalam kalangan bayi berumur kurang setahun (kadar kematian bayi) dan kanak-kanak bawah umur lima tahun yang mencatatkan 6,4 dan 7,7 pada 2019.

Selain itu rasio kematian ibu bersalin telah menurun dari 140,8 kematian bagi setiap 100.000 kelahiran pada 1970 menjadi 21,1 pada 2019.

Baca juga: Satu dari Empat Anak Inggris Akan Hidup 100 Tahun

Baca juga: Harapan hidup sedunia semakin panjang

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020