Jakarta Utara dorong kesamaan dan kesetaraan hak difabel

Jakarta Utara dorong kesamaan dan kesetaraan hak difabel

Penyandang disabilitas menghadiri acara peringatan Hari Disabilitas Internasional di Plaza Barat Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Peringatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas, menghilangkan stigma terhadap penyandang disabilitas, memberikan dukungan untuk meningkatkan kemampuan serta kesejahteraan difabel. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/ama.

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Utara mendorong kesamaan dan kesetaraan hak untuk pada difabel di DKI Jakarta dalam Webinar Forum Group Discussion (FGD) peringatan Hari Disabilitas Internasional di Jakarta, Kamis.

"Kami berkolaborasi dengan penggiat difabel Jakarta utara agar semakin peduli, semakin berkomitmen untuk bisa menghadirkan kesamaan dan kesetaraan bagi mereka,” kata Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko, di Jakarta.

Ia mengatakan, FGD itu sebagai upaya kepedulian sekaligus komitmen menghadirkan kesamaan dan kesetaraan hak bagi difabel.

Selain itu, upaya menggali pandangan seluruh peserta FGD berkolaborasi dengan Forum Bersama Kemanusiaan dan Disabilitas Jakarta Utara (FBKD-JU).

Sigit menegaskan hasil FGD akan menjadi bahan masukan yang sangat penting bagi Pemerintah Jakarta Utara dalam membangun kebijakan dan rencana dalam upaya pemenuhan serta menjamin hak difabel terpenuhi dan terlayani dengan baik.

Kegiatan bertema ‘bergerak bersama untuk disabilitas’ itu juga menjadi bahan evaluasi Pemkot Jakarta Utara dalam melaksanakan program selama ini.

Sejumlah program yang telah dilaksanakan yakni infrastruktur seperti penyediaan fasilitas difabel untuk dapat menjangkau pusat pelayanan pemerintah, keterbukaan lapangan pekerjaan hingga pemerataan hak pendidikan.

Sigit menyatakan pemerintah juga mengajak komunitas difabel untuk bisa memberikan kontribusi nyata dalam membangun Kota Jakarta Utara yang lebih modern dan maju, serta kota yang berkeadilan untuk semua.

Baca juga: Perajin batik difabel di Jakarta Selatan kini memproduksi masker
Baca juga: Pebatik difabel Jaksel ciptakan motif batik unsur Corona
Pewarta : Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020