Kita harus menggenjot produksi, kita harus menurunkan harga
Jenewa (ANTARA) - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Rabu (2/12)mengatakan telah menerima data vaksin COVID-19 dari perusahaan Pfizer dan BioNTech dan kini sedang meninjaunya untuk "kemungkinan daftar penggunaan darurat" (EUL).

EUL merupakan patokan bagi negara-negara untuk mengesahkan penggunaan nasional.

Merujuk pada regulator Inggris, Badan Regulasi Obat dan Kesehatan (MHRA), pihaknya melalui pernyataan mengatakan kepada Reuters: "WHO bersama dengan MHRA juga sedang membahas kemungkinan mengakses sejumlah informasi dari penilaian mereka, yang dapat mempercepat daftar penggunaan darurat WHO."

Baca juga: Pfizer-BioNTech ajukan penggunaan darurat vaksin COVID ke Uni Eropa
Baca juga: Inggris peroleh 2 juta dosis tambahan vaksin COVID-19 dari Moderna


Inggris pada Rabu merestui vaksin COVID-19 Pfizer, melangkahi Amerika Serikat dan Eropa untuk menjadi negara Barat pertama yang secara resmi mendukung vaksin, yang katanya akan menjangkau orang-orang yang paling rentan awal pekan depan.

Pakar kedaruratan terkemuka WHO, Mike Ryan, menyambut baik kabar tersebut, menambahkan: "Kita tidak boleh berhenti, kita membutuhkan lebih dari 3-4 vaksin.

"Kita harus menggenjot produksi, kita harus menurunkan harga," katanya melalui acara media sosial. "Kita memerlukan vaksin satu dosis."

Sumber: Reuters

Baca juga: PM Inggris sambut otorisasi vaksin sebagai kabar "luar biasa"
Baca juga: Inggris restui vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech, pertama di dunia

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020