Aliran listrik picu kebakaran truk tangki di SPBU MT Haryono

Aliran listrik picu kebakaran truk tangki di SPBU MT Haryono

Mobil Damkar Kota Jakarta Selatan siaga di depan SPBU Jalan MT Haryono yang sempat terjadi kebakaran kecil bersumber dari truk tangki pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM), Selasa (1/12/2020). ANTARA/HO-Damkar Jakarta Selatan.

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Jakarta Selatan menyebutkan aliran listrik yang menyambar uap bahan bakar menjadi penyebab terbakarnya truk tangki di Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) Jalan MT Haryono, Selasa siang.

"Mobil tangki akan mengisi BBM untuk pom bensin. Tapi karena sedang pemadaman listrik pengisian di tunda, saat listrik menyala tiba-tiba terjadi ledakan yang diakibatkan dari uap bensin yang terkumpul," kata Agus Guritno, Perwira Piket Damkar Jakarta Selatan.

Baca juga: Dentuman di SPBU MT Haryono akibat truk tangki terbakar

Sebanyak dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan lokasi untuk melokalisir api, mencegah merembet ke tangki pengisian BBM yang ada di SPBU.

Beruntung api dapat dipadamkan dalam waktu singkat oleh petugas SPBU dan Damkar Jakarta Selatan.

Sebelumnya diberitakan, suara dentuman terdengar di sekitar Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, Selasa siang, berasal dari mobil tangki di SPBU yang terbakar.

Baca juga: Pasca kebakaran, Pertamina sediakan alternatif SPBU MT Haryono

Lokasi kejadian berada tidak jauh dari Kantor Suku Dinas Perhubungan Kota Jakarta Selatan, tepatnya di seberang jalan.
 
Petugas Damkar Kota Jakarta Selatan melintas di lokasi kebakaran truk tangki di SPBU Jalan MT Haryono, Selasa (1/12/2020). (ANTARA/HO-Damkar Jakarta Selatan)


"Iya mobil tangki di SPBU, tapi alhamdulillah bisa langsung dipadamkan dengan alat pemadam api ringan yang ada," ujar Kasudin Perhubungan Jakarta Selatan, Budi Setiawan di Jakarta.

Baca juga: Kebakaran SPBU MT Haryono ditangani delapan unit mobil Damkar

Budi mengatakan sempat tampak api berkobar dari dalam SPBU, namun segera dipadamkan petugas terkait.

Kebakaran juga tidak menyebabkan arus lalu lintas di sekitar lokasi terhambat, karena cepat ditangani oleh petugas.
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020