Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) akan membantu pengurusan dokumen kependudukan anak-anak asuh Monica Soraya, seorang bos perusahaan film yang sudah mengadopsi dan mengasuh 13 anak.

"Kami akan bekerja sama dengan Dinas Sosial Provinsi maupun Dinas Sosial Kabupaten/Kota untuk membantu proses pengurusan identitas ke-13 anak asuh," kata Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kemensos Harry Hikmat dalam siaran pers kementerian di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, kementerian juga berencana menjadikan Monica Soraya sebagai duta nasional orang tua asuh.

Harry bersama Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Kanya Eka Santi sudah mengunjungi kediaman Monica untuk melihat pengasuhan alternatif terhadap 13 anak yang dia adopsi.

"Jika kita lihat di luar sana masih banyak sekali orang tua yang bahkan tidak melakukan pengasuhan yang baik terhadap anak kandungnya sehingga anak tersebut terlantar, sedangkan Ibu Monica melakukan hal sebaliknya, walaupun anak yang diasuh bukan anak kandungnya," kata Harry.

Monica menuturkan bahwa dia merawat anak asuh mulai Maret 2020 dan saat ini sudah punya 13 anak asuh.

"Anak yang kami asuh berasal dari mayoritas orang tua kandung dengan kondisi ekonomi yang kurang dan mereka memberanikan diri menghubungi saya melalui media sosial. Seluruh anak asuh ini berasal dari keluarga serta wilayah yang berbeda-beda," katanya.

Selain merawat dan mengasuh anak-anak asuh, Monica mendirikan usaha untuk setiap anak asuhnya. Saat ini sudah ada empat produk dari empat usaha untuk empat anak asuhnya.

"Setiap anak asuh akan memiliki tabungan yang cukup sebagai bekal mereka di masa depan melalui usaha tersebut," katanya.

Monica juga mengajak kalangan artis dan figur publik untuk mengasuh anak-anak yang terlantar. 

"Saya juga merangkul banyak pihak seperti kalangan artis dan publik figur lainnya untuk bersedia mengasuh minimal satu anak asuh dalam keluarga mereka sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam menangani anak terlantar," katanya.

Dia memuji upaya Monica menggabungkan upaya pengasuhan alternatif dengan pemberdayaan anak asuh. "Upaya Ibu Monica membuka ide baru dalam hal pengasuhan anak," katanya.

Baca juga:
Kemensos dukung upaya Monica Soraya
Pejabat Pemkot Surabaya jadi orang tua asuh anak dari eks lokalisasi

 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020