masyarakat yang hendak bepergian pada liburan Natal dan Tahun Baru, wajib menerapkan protokol kesehatan
Surabaya (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mulai membuka pemesanan tiket kereta api jarak menengah/jauh untuk libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Layanan pemesanan itu melalui aplikasi KAI Access, situs resmi kai.id, serta kanal penjualan daring resmi lainnya.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto di Surabaya, Kamis mengatakan Daop 8 Surabaya dalam liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 mengoperasikan 29 KA jarak menengah/jauh reguler.

Adapun stasiun keberangkatan awal, dipusatkan di 3 stasiun kelas besar yaitu Stasiun Malang sebanyak 6 KA jarak menengah/jauh, Stasiun Pasar Turi sebanyak 7 KA jarak menengah /jauh dan Stasiun Surabaya Gubeng sebanyak 16 KA jarak menengah/kauh (8 KA Pemberangkatan awal dan 8 KA yang melintas).

Baca juga: KAI Daop 8 Surabaya bagikan 1.037 tiket gratis bagi guru dan nakes

Tujuan dari 29 KA jarak menengah/jauh tersebut di antaranya ke arah Jakarta 12 KA, ke arah Bandung 5 KA, ke arah Jember/Ketapang 7 KA, masing-masing 1 KA ke arah Cirebon, Lempuyangan, Semarang, Cilacap serta Purwokerto.

Sementara itu, Suprapto menegaskan bahwa pelanggan KA jarak jauh wajib dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat Celsius, dengan dibuktikan Surat Bebas COVID-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan), atau surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter Rumah Sakit/Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Tes PCR dan/atau Rapid Test.

"Kami juga mengimbau pengguna jasa menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket, sebab konsistensi KAI dalam menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kereta api telah diakui. Hal ini dibuktikan dengan didapatkannya Safe Guard Label SIBV yang sudah mengacu pada parameter yang disusun oleh ahli dan auditor Kantor Pusat BV, international best practices, World Health Organization (WHO), regulasi Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19,” ujar Suprapto.

Baca juga: KAI Daop Surabaya operasikan 23 KA selama libur pajang

Selain itu, KAI tetap berkomitmen menjual tiket KA jarak jauh dan lokal hanya 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia untuk menciptakan physical distancing sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 14 Tahun 2020 tanggal 8 Juni 2020.

"Pemesanan tiket sudah kami buka, bagi masyarakat yang hendak bepergian pada periode liburan Natal dan Tahun baru, wajib tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat," kata Suprapto.

Baca juga: Daop Surabaya: Tren kecelakaan di perlintasan sebidang meningkat
 

 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020