Wellington (ANTARA) - Pemerintahan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern akan mengumumkan keadaan darurat iklim sebagai langkah simbolis dalam meningkatkan tekanan untuk tindakan memerangi pemanasan global.

Pemerintah akan mengajukan mosi untuk mengumumkan keadaan darurat iklim pada pekan depan, kata pemerintah ketika parlemen berkumpul kembali setelah pemilihan umum yang dimenangi oleh partai Ardern.

"Kami selalu menganggap perubahan iklim sebagai ancaman besar bagi kawasan kami, dan itu adalah sesuatu yang harus segera kami tindaklanjuti," kata Ardern, menurut stasiun televisi negara TVNZ.

"Sayangnya, kami tidak dapat membuat mosi seputar darurat iklim di parlemen pada masa jabatan terakhir, tetapi sekarang kami dapat melakukannya," ujarnya.

Baca juga: G20 serukan aksi kolektif iklim dengan "ekonomi karbon sirkular"

Baca juga: Milyarder Inggris berupaya paksa ratusan perusahaan pangkas emisi gas


Ardern kembali meraih kemenangan pemilu untuk Partai Buruh, ketika para pemilihnya memberinya "hadiah" atas respon tegas terhadap wabah virus corona baru.

Kemenangan gemilang itu memungkinkan partai Ardern untuk memerintah sendiri meskipun dia telah bergabung dengan Partai Hijau untuk masa jabatan tiga tahun berikutnya.

Anggota parlemen yang baru terpilih dilantik pada Selasa (24/11) dan mulai bekerja pada Rabu (25/11) di parlemen paling beragam di Selandia Baru.

Dalam masa jabatan terakhirnya, pemerintah Ardern mengesahkan RUU Zero Carbon, yang menetapkan kerangka kerja nol emisi bersih pada 2050, dengan dukungan lintas partai di parlemen.

Jika keadaan darurat iklim disetujui parlemen, Selandia Baru akan bergabung dengan negara-negara seperti Kanada, Prancis, dan Inggris yang telah mengambil langkah yang sama untuk memfokuskan upaya mengatasi perubahan iklim.

Pekan lalu, anggota parlemen Jepang mengumumkan keadaan darurat iklim dan berkomitmen pada jadwal yang pasti untuk mencapai nol emisi.

Sumber: Reuters

Baca juga: Inggris akan dorong G20 berperan aktif hadapi dampak perubahan iklim

Baca juga: Biden tunjuk Kerry sebagai utusan iklim AS

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2020