Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Timur menangkap komplotan pencuri barang bawaan truk ekspedisi atau biasa disebut bajing loncat yang kerap meresahkan pengendara di wilayah itu.

"Tidak sampai 24 jam empat tersangka bisa kita tangkap, mereka adalah PN, EDO, AN dan DA," kata Kapolrestro Jakarta Timur Kombes Pol Arie Ardian di Jakarta, Rabu.

Aksi komplotan tersebut terekam oleh video amatir warga saat sedang memindahkan lempengan besi dari salah satu truk yang sedang melintas di Jalan Raya Bekasi, Cakung, pada Jumat (20/11).

Dalam rekaman video berdurasi sekitar semenit yang beredar di media sosial tampak komplotan bajing loncat membagi tugas selama menjarah lempengan besi dari truk yang melintas.

Dua pelaku memanjat bak truk untuk menurunkan besi bawaan yang dikemas dalam karung, sementara dua pelaku lainnya menangkap barang curian dari atas motor.

Baca juga: Warga Kelapa Gading diminta waspada bajing loncat di tengah banjir
Baca juga: Sopir Truk Keluhkan Aksi "Bajing Loncat"


Aksi nekat komplotan bajing loncat menarik perhatian pengguna jalan sebab dilakukan pada siang hari di saat terjadi kemacetan.

Arie mengatakan, berbekal rekaman video polisi berhasil melacak keberadaan komplotan bajing loncat dan berhasil menangkap para pelaku di kawasan Jakarta Timur. "Pelaku kita tangkap berikut ratusan kilogram barang bukti berupa besi," kata Arie.

Kepada polisi pelaku mengaku aksi tersebut bukanlah kali pertama mereka lakukan. "Mereka sudah berulang kali beraksi di sejumlah wilayah," katanya.

Polisi masih mencari pelaku lain yang terlibat dalam penadahan barang curian. Terhadap para tersangka polisi menjerat mereka dengan Pasal 363 KHUP tentang pencurian.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020