Jakarta (ANTARA/JACX) - Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman merupakan salah satu sosok yang jadi buah bibir di Tanah Air pada November 2020.

Nama Dudung melesat setelah mengeluarkan pernyataan kontroversial yang berkaitan dengan Front Pembela Islam (FPI) pimpinan Rizieq Shihab. 

Dudung sempat mengkritik pemasangan spanduk dan baliho berisi ajakan revolusi serta provokatif dari pimpinan FPI itu.

"Kalau perlu, FPI bubarkan saja! Kok mereka yang atur. Suka atur-atur sendiri," kata Dudung usai Apel Kesiagaan Pasukan Bencana di Jakarta, pada 20 November 2020.

Sontak, nama Dudung pada saat itu mulai bermunculan di sejumlah lini masa media sosial.

Sosok Pangdam Jaya berusia 55 tahun tersebut lantas beredar aplikasi Whatsapp. Dalam sebuah pesan berantai Dudung disebut mendapatkan penghargaan dari China.

Berikut isi pesan yang beredar itu:

"Poto nyomot di fb.. noh si dudung lansung dpt penghargaan dr china PKI.kl atasannya aj begini ap lg bawahanya,semuanya tergantung kepalanya ekornya ikut aj".

Termuat pula foto Mayjen TNI Dudung Abdurachman yang tengah menerima penghargaan dari seorang pria berkacamata serta berbaju batik.

Namun, benarkah Mayjen TNI Dudung Abdurachman dapat penghargaan dari China?
 
Tangkapan layar hoaks yang menyatakan Pangdam Jaya Dudung dapat penghargaan dari China. (Whatsapp)


Penjelasan:
Narasi tentang Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman mendapatkan penghargaan dari China merupakan informasi sesat atau hoaks.

Faktanya, potret yang disertakan dalam pesan berantai itu adalah suntingan foto dari dokumentasi milik akun Facebook Kodim 0503/Jakarta Barat yang dipublikasikan pada 28 Agustus 2020.

Unggahan foto Kodim 0503/Jakarta Barat tersebut diberi keterangan sebagai berikut: "Dandim 0503/JB, Kolonel Inf.Dadang Ismail Marzuki S.I.P, Mendapingi Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdulrahman S. E.M.M, Silahturahmi ke Bapak Kuncoro,  PT. Kawan Lama di Jln Puri Kencana, Kel. Meruya Utara, Kec. Kembangan Jakarta Barat".

Mengacu artikel patrolihukum.com, Mayjen TNI Dudung Abdurachman dalam foto tersebut tengah menemui direksi beserta staf PT. Kawan Lama Sejahtera untuk menerima donasi 500 unit alat pengukur suhu badan atau tubuh bagi personel Kodam Jaya.

Klaim: Pangdam Jaya dapat penghargaan dari China
Rating: Salah/Disinformasi

Baca juga: Dudung, 55 tahun, klepon dan ibunda

Baca juga: Pangdam Jaya pastikan Reuni 212 batal digelar

Baca juga: Ratusan karangan bunga untuk Pangdam hiasi Makodam Jaya

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2020