Wonosobo (ANTARA) - Duta besar India untuk Indonsia Pradeep Kumar Rawat didampingi istrinya Shruti Rawat dan Sekretaris Politik Kedutaan Besar India Juliyana mengunjungi Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Pradeep diterima langsung Bupati Wonosobo Eko Purnomo didampingi Forkominda di ruang perlindungan Suharto-Whitlam, kompleks Pendopo Kabupaten Wonosobo, Jumat.

Menurut Pradeep, kunjungan pertama ke Wonosobo tersebut sebagai silaturahmi persahabatan untuk berdiskusi tentang penanganan pandemi COVID-19, pembangunan desa serta potensi pariwisata.

"Wonosobo sangat terkenal dengan keindahan alam dan pesona sunrise dan kami juga ingin menindaklanjuti adanya program kerja sama antara Kementerian Desa dengan Pemerintah India dalam bidang pembangunan desa," katanya.

Baca juga: Rektor UNP harapkan Dubes India fasilitasi kerjasama dengan kampusnya

Baca juga: Dubes India ucapkan selamat untuk HUT ke-75 kemerdekaan Indonesia


Program kerja sama antara Kementerian Desa dengan Pemerintah India tersebut, diakui Pradeep, telah berjalan dan bahkan sebanyak 20 kepala desa dari Indonesia telah dikirim ke India, dimana salah satu kades berasal dari Burat, Kepil Kabupaten Wonosobo.

"Dalam catatan kami, kepala desa yang turut dalam kunjungan ke India atas nama Ahmad," katanya.

Oleh karena itu, dia mengaku tertarik untuk datang langsung ke Wonosobo dan mengetahui sejauh mana implementasi hasil dari program kerja sama dua negara tersebut serta membuka kemungkinan kunjungan balasan dari perwakilan desa-desa di India ke Indonesia.

Selain tentang pembangunan perdesaan, Pradeep juga ingin berdiskusi dengan bupati perihal penanganan pandemi COVID-19 sehingga bisa menjadi referensi dan pembelajaran bersama kedua belah pihak.

Pradeep menyampaikan bahwa India tengah memperingati 150 tahun Bapak Kemanusiaan Mahatma Gandhi dan dalam kunjungan tersebut memberikan hadiah berupa buku tentang tokoh besar dunia tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Wonosobo.

Menanggapi kunjungan Dubes India, Bupati Wonosobo Eko Purnomo mengaku sangat terkesan dan berterima kasih telah memilih Wonosobo sebagai destinasi silaturahmi.

"Tentu dari kunjungan ini banyak yang bisa kita pelajari bersama, sehingga ke depan membawa manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat baik bagi Wonosobo maupun India," kata Eko.

Sejumlah poin penting yang akan menjadi catatan, menurut Eko, adanya upaya kerja sama di sektor pembangunan desa dan pariwisata serta kemungkinan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asal India ke Wonosobo bisa ditindaklanjuti.

Kasdim 0707/Wonosobo Mayor Caj Hanry Handoko yang bertugas dalam pengamanan tamu negara tersebut menyampaikan Dubes India selain bertemu dengan Bupati Wonosobo juga akan mengunjungi kebun dan pabrik pengolahan teh di PT Tambi Kejajar.

Selain itu, katanya juga akan menikmati keindahan sunrise di Bukit Sikunir, Sembungan, dan ke pasar tradisional di Garung.*

Baca juga: Objek wisata Wonosobo siapkan diri sambut tatanan normal baru

Baca juga: Gubernur Jawa Tengah ikut cukur anak rambut gembel di Wonosobo

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020