Jakarta (ANTARA) - Asisten penulis "Crash Landing on You", Gwak Moon-wan atau Kwak Moon-wan mengatakan bahwa serial tersebut bukanlah sebuah kisah nyata, namun kejadian tersebut pernah menjadi salah satu berita.

Moon-wan mengatakan penulis utama "Crash Landing on You", Park Ji-eun terinspirasi dari sebuah kejadian yang terjadi pada seorang aktris asal Korea Selatan yang terbawa arus hingga zona demiliterisasi Korea Utara.

Dari sanalah Park Ji-eun kemudian menggantinya menjadi sosok Yoon Se-ri (Son Ye Jin), seorang putri konglomerat yang terbawa angin hingga ke zona demiliterisasi Korea Utara.

"Waktu itu datang tentara Korea Utara dan setelah itu dibawa sebentar tapi setelah itu dibawa pulang ke Korea Selatan lagi. Ini bukan true story tapi dapat ceritanya dari berita ini," kata Moon-wan dalam program KOCIS (Korean Culture and Information Service) bersama ANTARA, Selasa.

Baca juga: "Crash Landing on You" dianggap bermasalah karena muliakan Korea Utara

Baca juga: Asisten penulis "CLOY", Gwak Moon-wan ingin satukan Korsel dan Korut


"Crash Landing on You" menjadi salah satu drama Korea yang digandrungi oleh masyarakat Indonesia dan juga dunia, bahkan pada episode terakhirnya, drama ini mengalahkan rating "Goblin" pada 2017, yakni hingga 21,6 persen.

Menurut Moon-wan, masyarakat menyukai "Crash Landing on You" karena memiliki cerita yang berbeda dari kebanyakan romansa K-drama. Selain itu, banyak orang yang penasaran dengan kehidupan warga Korea Utara.

"Sebenarnya negara kami satu bangsa dengan kawan-kawan di Korea Utara, warganya hangat dan memang ceritanya berbeda jadi semua orang-orang asing ingin tahu tentang kehidupan warga ini dan ini yang membuatnya dicintai oleh seluruh masyarakat," kata Moon-wan.

Selain itu, Moon-wan mengatakan belum tahu apakah serial ini akan memiliki musim selanjutnya. Sebab saat memproduksi "Crash Landing on You", tidak pernah berpikir jika serial tersebut akan sangat sukses.

"Kita semua sebenarnya sudah tahu seperti apa hasil akhirnya. Saat itu kita atau kami hanya membuat ceritanya saja, apakah akan ada cerita selanjutnya kita belum tahu," ujar Moon-wan.

Baca juga: Sukses sebarkan Hallyu, Hyun Bin raih penghargaan dari Presiden Korsel

Baca juga: Inspirasi gaya berbusana ala serial drama Korea

Baca juga: Pihak "Crash Landing On You" jawab rumor Yoon Se Ri hamil

 

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020