Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Serbia menjaga asa bertahan di Divisi B UEFA Nations League setelah mengimbangi tuan rumah Hongaria 1-1 dalam laga kelima Grup B3 di Stadion Puskas Arena, Budapest, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Kendati mengawali pertandingan ditekan oleh Hongaria, Serbia justru berhasil mencuri keunggulan saat umpan sundulan Luka Jovic diselesaikan dengan sempurna oleh Nemanja Radonjic pada menit ke-17.

Sayang keunggulan itu raib enam menit jelang turun minum ketika Zsolt Kalmar menyelesaikan umpan terobosan Nemanja Nikolics dengan sepakan sempurna ke pojok kanan gawang Serbia, yang membuat kedudukan imbang 1-1.

Baca juga: Skotlandia lolos ke EURO usai singkirkan Serbia lewat adu penalti

Gelandang Marko Grujic hampir saja merestorasi keunggulan Serbia ketika ia menyambut umpan silang Filip Mladenovic dengan tandukan tajam, sayang bola masih bisa diamankan kiper Denes Dibusz pada menit ke-72.

Tiga menit jelang bubaran, Sergej Milinkovic-Savic mengirim umpan terobosan cermat ke arah Jovic, tetapi tembakan penyelesaian penyerang Real Madrid itu belum cukup menaklukkan Dibusz.

Hasil itu membuat Serbia tak beranjak dari posisi juru kunci klasemen dengan koleksi tiga poin, sedangkan Hongaria (8) masih berada di peringkat kedua di bawah Rusia (8).

Baca juga: Turki akhirnya petik kemenangan perdana Nations League

Serbia punya tugas berat untuk menyelamatkan diri dari degradasi yakni mengalahkan Rusia di Belgrade pada Rabu (18/11).

Tapi itu saja tidak cukup, sebab Serbia juga butuh bantuan Hongaria untuk mengalahkan Turki dalam laga lain yang berlangsung bersamaan di Budapest.

Baca juga: Belgia pupus mimpi Inggris ke empat besar Nations League
Baca juga: Italia tundukkan Polandia demi ambil alih pucuk klasemen Grup A1


Susunan pemain:

Hongaria (3-4-2-1): Denes Dibusz; Akos Kecskes, Adam Lang, Endre Botka; Barnabas Bese (Adam Gyurcso), Adam Nagy, David Siger (Loic Nego), Filip Holender (Szilveszter Hangya); Zsolt Kalmar, Dominik Szoboszlai (Andras Schaafer); Nemanja Nikolic (Norbert Konyves)
Pelatih: Marco Rossi

Serbia (3-4-3): Marko Dmitrovic; Nikola MIlenkovic, Nemnaja Gudelj, Uros Spajic; Darko Lazovic (Mijat Gacinovic), Nemanja Maksimovic (Marko Grujic), Sasa Lukic, Mihailo Ristic (Filip Mladenovic); Dusan Tadic (Sergej Milinkovic-Savic), Luka Jovic, Nemanja Radonjic (Dusan Vlahovic)
Pelatih: Ljubisa Tumbakovic

Baca juga: Armenia jaga peluang promosi usai taklukkan Georgia
Baca juga: Wales jaga posisi puncak Grup B4 Nations League
Baca juga: Belarusia dan Albania berebut tiket promosi hingga laga pemungkas

Baca juga: Austria semakin dekat dengan promosi setelah pukul Irlandia Utara

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020