Jakarta (ANTARA) - Apple mengumumkan bahwa sistem operasi baru MacOS Big Sur sudah bisa diunduh untuk pembaruan perangkat Mac secara gratis di App Store.

MacOS Big Sur mengangkat sistem operasi desktop tercanggih di dunia ke tingkat kecanggihan dan keindahan yang baru, kata Apple dalam rilis MacOS versi 11.01 itu, dikutip Jumat.

“Rasakan Mac sepenuhnya dengan desain baru yang disempurnakan. Nikmati pembaruan Safari terbesar yang pernah ada. Temukan fitur baru untuk Peta dan Pesan. Dan dapatkan lebih banyak transparansi seputar privasi Anda,” katanya mengenai apa yang baru dalam MacOS Big Sur.

Baca juga: MacOS Sierra kini tersedia sebagai update gratis

Desain baru untuk aplikasi memudahkan untuk fokus pada konten pengguna dan mengambil tindakan dengan toolbars yang hemat ruang dan bilah sisi yang tampil penuh.

Bilah menu yang diperbarui menampilkan jarak yang lebih lebar dan materi tembus pandang baru yang menjadi lebih hidup saat pengguna berinteraksi dengannya.

Suara sistem yang diperbarui termasuk lonceng booting dan suara untuk mentransfer file, memindahkan item ke sampah, mengunci file, dan banyak lagi.

Pusat Kontrol menempatkan menu dan kontrol favorit di satu tempat praktis di bilah menu sehingga Anda dapat menyesuaikan pengaturan dengan cepat saat bekerja.

Notification Center (Pusat Pemberitahuan) yang diperbarui menyatukan pemberitahuan dan widget dalam satu tampilan, kemudian widget cantik dan kaya data baru untuk Kalender, Jam, Catatan, Foto, Podcast, Pengingat, Durasi Layar, Saham, dan Cuaca.

Percakapan yang dipasangi pin mempertahankan hingga sembilan utas favorit pengguna di bagian atas daftar, dan Mentions memungkinkan pengguna mengarahkan pesan ke seseorang dalam percakapan grup.

Navigasi Maps baru pada MacOS Big Sur menawarkan rekomendasi tempat untuk dikunjungi dan aktivitas, yang dikurasi oleh merek tepercaya pilihan. Petunjuk arah bersepeda membantu pengguna menemukan rute ramah pesepeda, dan juga ada perutean kendaraan listrik yang membantu merencanakan perjalanan untuk kendaraan yang bisa diakses dari iPhone.

Baca juga: MacOS Big Sur akan dilengkapi dengan Face ID

Baca juga: iCloud sempat "down" hapus aplikasi di perangkat macOS dan iOS

Baca juga: Parallels Desktop 14 tersedia untuk Mac

Pewarta: Suryanto
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020