Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada para eksportir yang bertahan serta tetap semangat dalam meningkatkan nilai dan kinerja ekspor
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengumumkan penerima Penghargaan Primaniyarta 2020 kepada para eksportir yang telah berjasa meningkatkan devisa negara, khususnya di masa pandemi COVID-19.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada para eksportir yang bertahan serta tetap semangat dalam meningkatkan nilai dan kinerja ekspor. Pandemi dapat menjadi peluang bagi eksportir untuk mengembangkan bisnis dan tetap optimis,” kata Mendag Agus Suparman lewat keterangan resmi diterima di Jakarta, Senin.

Penghargaan tersebut akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo pada Pembukaan Trade Expo Indonesia Virtual Exhibition 2020 tanggal 10 November 2020 yang bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Baca juga: Trade Expo Indonesia 2020 bakal digelar secara virtual mulai November

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Kasan mengungkapkan Primaniyarta merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah untuk para eksportir berprestasi dalam meningkatkan nilai ekspornya secara berkesinambungan.

“Penghargaan ini bertujuan mendorong pertumbuhan jumlah pelaku ekspor tangguh dan berdaya saing, sekaligus memberikan inspirasi dan motivasi bagi pelaku ekspor lainnya,” tandas Kasan.

Tahun 2020 merupakan pelaksanaan penghargaan Primaniyarta ke-22. Pada penyelenggaraan tahun ini hanya ada dua kategori penghargaan, yaitu kategori eksportir berkinerja dan kategori eksportir potensi unggulan karena situasi pandemi COVID-19. Penjaringan peserta dilakukan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) dan Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan.

Baca juga: Kemendag tunda seleksi penghargaan Primaniyarta dan Primaduta 2020

Para Pemenang Penghargaan Primaniyarta 2020 Kategori Eksportir Berkinerja adalah: PT Pupuk Kalimantan Timur

PT Sekar Bumi Tbk

PT Prima Copper Industri

PT Astari Niagara Internasional

PT Omron Manufacturing of Indonesia

PT Primayudha Mandirijaya

PT Alfo Citra Abadi

PT Ori Ginalnest Indonesia

PT Petrokimia Gresik

Kemudian, untuk Kategori Eksportir Potensi Unggulan yaitu:

PT Bina Niaga Multiusaha

PT Out of Asia

PT Zenith Allmart Precisindo

PT Findora Internusa

CV Omyra Global Resources

PT Indah Desain Indonesia

CV Decorus

PT Selektani Induk Usaha

PT Paradise Island Furniture

PT Indoexim International

Baca juga: Kemendag upayakan ekspor produk yang tumbuh positif di masa pandemi
 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020