Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan masih cukup kuat
Jakarta (ANTARA) - Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan perbaikan keyakinan konsumen masih tertahan pada Oktober 2020, yang tercermin dari indeks keyakinan konsumen (IKK) sebesar 79,0 atau lebih rendah dibandingkan 83,4 pada September 2020.

Menurut komponennya, keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan tetap berada pada level optimistis dengan indeks ekspektasi konsumen (IEK) sebesar 106,6, kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dalam info terbarunya di Jakarta, Senin.

Baca juga: Survei BI: Perbaikan keyakinan konsumen terhadap perekonomian tertahan

Menurut Onny, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan masih cukup kuat didukung oleh ekspektasi terhadap penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja ke depan.

Sementara itu, keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini melemah seiring keyakinan konsumen terhadap penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja yang menurun.

Hal tersebut ditengarai sebagai dampak dari belum pulihnya aktivitas ekonomi dan penghasilan masyarakat akibat pandemi COVID-19, kata Onny.

Baca juga: Meski melambat, pertumbuhan uang beredar September tetap tinggi
Baca juga: BI dorong transformasi digital UMKM pangan dukung PEN

Pewarta: Ahmad Buchori
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020