bisa lintas fakultas ataupun prodi
Makassar (ANTARA) - Tiga Perguruan tinggi negeri (PTN) Universitas Hasanuddin, Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Padjajaran (Unpad) menghadirkan program seat-in Konsorsium Merdeka Belajar (KMB) sebagai bagian dari implementasi Program Merdeka Belajar: Kampus Merdeka.

Program ini merupakan proses pertukaran pelajar di tiga universitas tersebut, dimana mahasiswa dapat mengambil mata kuliah di dalam atau di luar program studi sejenis.

Direktur Pendidikan Unhas Dr Ida Leida M MKM MScPH di Makassar, Rabu, menjelaskan program ini mendukung klasterisasi dan dimaksudkan untuk mengembangkan wawasan ilmu pengetahuan dan jejaring dengan mahasiswa perguruan tinggi lainnya.

"Sistemnya hanya seat in, mahasiswa tidak mendapatkan nilai atau tugas. Jadi memang berfokus pada peningkatan wawasan dan jejaring di luar prodi yang mereka pilih. Tapi, kita akan memberikan attendance certificate untuk SKPI atau Surat Keterangan Pendamping Ijazah," jelas Dr Ida.

Ida menyebutkan mahasiswa yang bergabung dalam program ini akan memperoleh nomor induk tamu, dapat digunakan selama mengikuti program. Untuk lama waktu pelaksanaannya sendiri disesuaikan dengan jadwal berakhirnya perkuliahan pada semester berjalan pada masing-masing universitas.

"Mahasiswa yang tertarik menambah wawasan di luar prodi mereka bisa mengikuti ini. Misalkan dia dari Fakultas Kehutanan dan tertarik untuk belajar Ilmu Hukum bisa memilih mata kuliah yang diinginkan pada laman yang tersedia," ujarnya.

Baca juga: Mendikbud: Ada tiga terobosan Merdeka Belajar episode keenam

Baca juga: IPB University jalin mitra perkuat Merdeka Belajar-Kampus Merdeka


"Jadi bisa lintas fakultas ataupun prodi dan jadwalnya menyesuaikan dengan universitas yang dipilih," sambung Dr Ida.

Sampai hari ini, mahasiswa Unpad dan Undip yang mengikuti program seat in KMB di Unhas berjumlah 2.507 yang terdiri dari 1.937 mahasiswa Undip dan 570 mahasiswa Unpad.

Hal ini menunjukkan bahwa banyak mahasiswa dari luar yang tertarik untuk menambah wawasan di Unhas. Untuk mahasiswa Unhas sendiri yang mengikuti program KMB di Unpad dan Undip sampai hari ini berjumlah 440 mahasiswa dan jumlah ini akan terus bertambah sampai proses pendaftaran berakhir.

"Program ini berlaku untuk mahasiswa aktif S1 Unhas minimal semester tiga, dapat memilih mata kuliah minimal 4 SKS, maksimun 8 SKS di Unpad dan Undip," jelas Dr Ida.

Proses pendaftaran telah berlangsung sejak Senin (26/10) dan akan berakhir pada Senin (09/11). Mahasiswa yang tertarik mengikuti kegiatan bisa mendaftarkan diri pada laman https://kmb.undip.ac.id. Sesuai jadwal, proses perkuliahan akan dimulai pada Senin (09/11) hingga 31 Desember 2020.

Baca juga: UI--PNJ kolaborasi wujudkan kampus merdeka belajar

Baca juga: Mendikbud: Paten Merdeka Belajar dikembalikan kepada masyarakat

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020