Jakarta (ANTARA) - Fitur pesan temporer, disappearing message, di WhatsApp masuk di laman pertanyaan yang sering ditanyakan atau frequently asked question (FAQ) situs resmi mereka.

"Anda bisa mengirimkan pesan yang menghilang di WhatsApp dengan menyalakan (fitur) disappearing messages," tulis WhatsApp di laman FAQ, dikutip Rabu.

Pesan temporer ini akan menghilang, di obrolan personal maupun grup, setelah tujuh hari.

WhatsApp juga menjelaskan bagaimana cara mengaktifkan fitur ini, yaitu buka jendela obrolan, ketuk nama kontak dan pilih "disappearing message". Pantauan ANTARA, fitur tersebut saat ini belum tersedia meski pun sudah menggunakan aplikasi versi terbaru.

Baca juga: Memori cepat penuh, WhatsApp buat lebih mudah kelola penyimpanan

Baca juga: WhatsApp akan bisa "mute" selamanya


Fitur ini berlaku untuk pesan individu maupun grup, namun, di grup, hanya admin yang bisa mengaktifkan pesan temporer ini.

Pesan temporer juga berlaku untuk kiriman multimedia, misalnya foto, akan menghilang jika fitur ini aktif.

Pesan akan hilang dalam waktu tujuh hari. Pengguna tetap bisa menggunakan fitur membalas atau reply untuk pesan temporer.

Jika pesan temporer ini diteruskan, forward, pesan tidak akan muncul di penerima.

WhatsApp mengingatkan hanya menyalakan fitur ini dengan kontak yang terpercaya karena pengguna masih bisa mengambil tangkapan layar dan menyalin pesan sebelum menghilang sendiri.

Baca juga: WhatsApp uji fitur "Join Missed Calls"

Baca juga: WhatsApp Web bakal bisa buat panggilan suara dan video

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020