Jakarta (ANTARA) - Mantan pelatih Barcelona Quique Setien buka-bukaan dengan mengatakan Lionel Messi sulit diatur selama dia melatih raksasa Liga Spanyol tersebut.

Setien menukangi Barca Januari tahun ini tapi kemudian dipecat Agustus tahun yang sama setelah Blaugrana kalah 2-8 melawan Bayern Muenchen dalam Liga Champions.

Sebelum laga itu Messi terang-terangan menyebut Barca lemah dan inkonsisten.

"Memang benar ada pemain yang tak mudah diatur, salah satunya, Leo (Messi)," kata Setien kepada koran El Pais seperti dikutip laman ESPN. "Sulit melatih orang yang sudah biasa menang."

Baca juga: Barcelona pecat pelatih Quique Setien
Baca juga: Setien gugat Barcelona soal pelanggaran kontrak


"Dan ketika di sekitar dia, akan tidak nyaman ketika Anda tak mencapai kemenangan itu, itu mengganggu Anda."

"Kami juga harus memperhitungkan bahwa dia adalah pesepakbola terbaik sepanjang masa. Bagaimana saya mau mengubah dia? Di sana (di Barca) mereka mengakui dia sebagaimana dia selama ini dan mereka tak mengubah dia."

Dia menambahkan, "ada faktor lainnya di luar sekadar pemain itu dan itu lebih sulit diatur. Jauh lebih sulit. Ada hal yang melekat pada banyak atlet yang bisa disaksikan di dokumenter Michael Jordan ("The Last Dance"). Anda melihat hal yang tidak Anda duga."

Baca juga: Veron klaim Lionel Messi merasa tidak nyaman di Barcelona

"Dia (Messi) sangat pendiam dan hanya mau menunjukkan yang dia ingin perlihatkan kepada Anda. Dia tak banyak berbicara."

"Ada jutaan orang yang beranggapan Messi atau pemain lainnya, yang lebih penting dari pada klub atau pelatih," kata Setien.

"Pemain ini (Messi), seperti halnya orang di sekitar dia, terus-terusan menang selama 14 tahun, memenangkan segalanya."

"Setelah saya hengkang, satu hal yang pasti bagi saya adalah pada saat tertentu saya harus mengambil keputusan tapi ada hal yang di atas Anda, yakni klub dan suporter. Mereka ini di atas presiden, pemain, pelatih. Anda harus menghormati mereka (penggemar) dan Anda harus melakukan apa yang paling menyamankan klub."

Meskipun demikian Setien mengaku tidak menyesali masanya yang singkat di Camp Nou. "Pengalaman di Barcelona itu luar biasa."

Baca juga: Koeman kritik penampilan Lionel Messi jelang Liga Champions
Baca juga: Lionel Messi akui tidak terlalu terobsesi untuk cetak gol
Baca juga: Barcelona catatkan awal terburuk di La Liga sejak musim 2002-2003

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020