Inalum dinobatkan jadi BUMN percontohan pengutamaan Bahasa Indonesia

Inalum dinobatkan jadi BUMN percontohan pengutamaan Bahasa Indonesia

penandatanganan prasasti ditetapkannya PT Indonesia Asahan Aluminium sebagai BUMN percontohan pengutamaan Bahasa Indonesia di wilayah kerja operasionalnya. ANTARA/HO-Inalum/aa.

Batubara (ANTARA) - PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum dinobatkan sebagai BUMN percontohan pengutamaan Bahasa Indonesia di wilayah kerja operasionalnya.

Direktur Pelaksana Inalum, Oggy Achmad Kosasih di Batubara, Sumatera Utara, Jumat, mengaku pihaknya bersyukur atas pencanangan Inalum sebagai BUMN percontohan tersebut.

Baca juga: Inalum ajukan penundaan proyek smelter Freeport di Gresik

"Kami mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan berterima kasih kepada seluruh pihak yang berperan, khususnya Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara, sehingga Inalum dinobatkan sebagai BUMN percontohan," katanya.

Pencanangan tersebut dilakukan secara teleconference di Hotel Polonia Medan dan Gedung Serbaguna Inalum Tanjung Gading. Pencanangan ditandai dengan penandatanganan prasasti Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof E. Aminudin Aziz, MA., Ph.D. dan Direktur Pelaksana Inalum, Oggy Achmad Kosasih.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof. E. Aminudin Aziz, MA., Ph.D. mengucapkan selamat kepada Inalum yang telah dinobatkan sebagai BUMN percontohan.

"Selamat kepada Inalum yang telah dinobatkan sebagai BUMN percontohan atas pengutamaan Bahasa Indonesia di kawasannya, semoga ini dapat memacu instansi lain untuk menerapkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama di lingkungan masing-masing," katanya.

Baca juga: Inalum resmi terbitkan obligasi global 2,5 miliar dolar AS

Baca juga: Capex induk BUMN tambang diproyeksikan mencapai Rp24 triliun tahun ini

Baca juga: Kementerian BUMN akan ubah kepengurusan anak perusahaan Inalum


Rangkaian acara tersebut kemudian dilanjutkan dengan sesi paparan oleh para tokoh nasional, diskusi, penghargaan dan ditutup dengan ramah tamah serta makan siang bersama.

Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara R. Sabrina, Kepala Balai Bahasa Sumatera Utara Maryanto, Direktur Eksekutif Sumber Daya Manusia Inalum, Ismadi YS Jenal beserta jajaran manajemen Inalum dan perwakilan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.
Pewarta : Juraidi
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020