Kemarin, upah minimum 2021 hingga Indonesia jadi Ketua Menaker ASEAN

Kemarin, upah minimum 2021 hingga Indonesia jadi Ketua Menaker ASEAN

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. ANTARA/Muhammad Zulfikar.

Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah sejumlah berita humaniora kemarin (29/10) yang menarik untuk dibaca pagi ini, di antaranya upah minimum tidak naik pada 2021, dan Indonesia menjadi Ketua Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) se-ASEAN untuk masa jabatan periode 2020-2022.

Kemudian, ada berita terkait vaksin COVID-19 dipastikan aman dan berkhasiat, dan kuliah kerja nyata (KKN) tematik COVID-19 melibatkan ribuan mahasiswa.

Menaker jelaskan alasan upah minimum tidak naik pada 2021

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menjelaskan alasan upah minimum provinsi (UMP) tidak naik pada 2021, yaitu karena kondisi perekonomian nasional yang merosot sebagai dampak dari pandemi COVID-19.

"Penurunan perekonomian tersebut bisa dilihat dari pertumbuhan ekonomi triwulan kedua yang minus 5,32 persen," kata Ida di Jakarta, Rabu.

Cek berita: di sini

Menaker Ida Fauziyah jabat Ketua Menteri Ketenagakerjaan se-ASEAN

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah secara resmi menjabat Chair of Asean Labour Minister Meeting (ALMM) atau Ketua Menteri Ketenagakerjaan se-ASEAN untuk masa jabatan periode 2020 hingga 2022 menggantikan posisi sebelumnya yang ditempati oleh perwakilan Malaysia.

"Bu Menteri tadi sudah mulai memimpin sebagai ketua," kata Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI Indah Anggoro Putri di Jakarta, Rabu.

Simak berita: di sini

Mendikbud : KKN tematik COVID-19 libatkan 5.600 mahasiswa

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan program kuliah kerja nyata (KKN) tematik COVID-19 melibatkan 5.600 mahasiswa dari 200 perguruan tinggi.

"Fokus utamanya adalah melakukan edukasi kepada masyarakat untuk melakukan adaptasi kebiasaan baru. Sekaligus aktualisasi kebijakan Merdeka Belajar, " ujar Nadiem Makarim dalam webinar di Jakarta, Rabu.

Simak berita: di sini

BPOM pastikan vaksin COVID-19 aman-berkhasiat sebelum beri izin edar

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan vaksin COVID-19 benar-benar aman, berkhasiat dan bermutu sebelum memberikan izin edar untuk penggunaan produk itu.

"Kami juga menilai, mengevaluasi efficacy (kemanjuran) dan safety (keamanan) dari vaksin tersebut berdasarkan studi nonklinik dan studi klinik dari fase 1, 2 dan 3," kata Direktur Registrasi Obat BPOM Rizka Andalucia dalam seminar virtual Vaksinasi COVID-19 di Indonesia: Di Mana Peran Masyarakat? diikuti di Jakarta, Rabu.

Cek berita: di sini

Biofarma akan terima 15 juta dosis bulk vaksin Sinovac November 2020

PT Bio Farma akan menerima 15 juta dosis bulk vaksin COVID-19 dari perusahaan biofarmasi Sinovac Biotech Ltd. di China pada November 2020.

"Saat ini posisinya untuk bulan November 2020 ini 15 juta dosis bulk," kata Kepala Divisi Unit Klinik dan Imunisasi Bio Farma Mahsun Muhammadi dalam seminar virtual "Vaksinasi COVID-19 di Indonesia: Di mana Peran Masyarakat?" di Jakarta, Rabu.

Baca berita: di sini

Pertemuan Menteri Ketenagakerjaan ASEAN hasilkan sejumlah kesepakatan

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI Anwar Sanusi mengatakan pertemuan pejabat tingkat tinggi Kementerian Ketenagakerjaan se-ASEAN menghasilkan sejumlah kesepakatan terutama dalam merespon perubahan lingkungan strategis global ketenagakerjaan.

"Jadi tadi isu-isu yang kita bahas misalnya komitmen untuk menyelesaikan terkait pekerja anak-anak sampai 2025," kata dia pada kegiatan pertemuan tingkat Menteri bidang Ketenagakerjaan negara-negara ASEAN ke-26 di Jakarta, Rabu.

Baca berita: di sini

Pewarta : Martha Herlinawati S
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2020