Lumbung pangan Sumut bisa jadi contoh provinsi lain, sebut Presiden

Lumbung pangan Sumut bisa jadi contoh provinsi lain, sebut Presiden

Presiden Joko Widodo disambut Gubernur Edy Rahmayadi, Kapolda Irjen. Pol. Martuani Sormin dan Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Irwansyah saat tiba di Bandara Internasional Silangit, Sumatera Utara, Selasa (27/10/2020). Kunjungan tersebut untuk meninjau proses pembangunan kawasan lumbung pangan (food estate) yang akan menjadi lahan pertanian modern berbasis hortikultura di Kabupaten Humbang Hasundutan. ANTARA/HO-Biro Perst Setpres/Laily Rachev/aa. (Laily Rachev - Biro Pers Sekreta)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengatakan lumbunga pangan di Sumatera Utara (Sumut) akan menjadi contoh bagi provinsi lain yang juga akan membangun "food estate".

Hal itu disampaikan Presiden saat meninjau lokasi lumbung pangan di Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Selasa, yang dipantau melalui tayangan langsung virtual.

"Ini akan jadi contoh untuk provinsi lain yang ingin membangun 'food estate'," kata  Presiden.

Presiden mengatakan Indonesia memiliki dua provinsi yang akan dipakai memulai program lumbung pangan yakni di Sumatera Utara dan Kalimantan Tengah.

Di Sumatera Utara sendiri tersedia lahan 60 ribu hektare, dan yang akan digunakan untuk "food estate" adalah seluas 30 ribu hektare.

Lahan di Sumatera Utara yang akan digunakan sebagai lumbung pangan tersebar di beberapa kabupaten yakni di Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kabupaten Pakpak Bharat.

Baca juga: Presiden Jokowi tinjau lumbung pangan di Sumatera Utara

Baca juga: Jadi fokus APBN 2021, "food estate" ciptakan lapangan kerja

Baca juga: Mentan : lumbung pangan terapkan teknologi pertanian modern

Baca juga: Gubernur NTB ingin Labangka jadi "food estate" terbaik

 
Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020