Forum CSR Jakarta: Perusahaan terus salurkan bantuan selama pandemi

Forum CSR Jakarta: Perusahaan terus salurkan bantuan selama pandemi

Ketua Umum Forum CSR DKI Jakarta Mahir Bayasut. (ANTARA/Muhammad Zulfikar)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Forum CSR DKI Jakarta Mahir Bayasut mengatakan selama pandemi COVID-19 perusahaan di ibu kota terus menyalurkan bantuan tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR guna membantu masyarakat terdampak wabah.

"Meskipun ikut terdampak pandemi, tapi sebenarnya semangat mereka untuk peduli dan hadir dalam membantu negara cukup besar," kata Mahir Bayasut saat diskusi daring dengan tema "perubahan perilaku dan daya beli selama pandemi" yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Perusahaan-perusahaan di Jakarta, ujarnya, memberikan bantuan dalam berbagai bentuk baik itu berupa sembako, alat kesehatan, makanan, minuman, kasur dan lain sebagainya.

Baca juga: Telkomsel salurkan CSR Rp4,5 miliar bagi tenaga medis COVID-19

Bantuan yang diberikan tersebut juga tergantung perusahaan itu bergerak di bidang apa. Misalnya aspek kesehatan maka bantuan yang disalurkan ialah alat-alat kesehatan di antaranya masker, cairan pembersih tangan dan sebagainya.

"Ini wujud partisipasi dan kerelawanan mereka atas kondisi saat ini," kata dia.

Adanya kondisi pandemi yang melanda dunia tidak terkecuali Indonesia, malah membuat semangat perusahaan untuk terus membantu menyalurkan bantuan melalui dana CSR.

Baca juga: Selama normal baru, CSR banyak diarahkan ke karyawan

Sebab, ujar Mahir, perusahaan di ibu kota tidak hanya memikirkan bisnis dan pendapatan saja namun juga berupaya membantu masyarakat salah satunya melalui CSR guna penanganan pandemi COVID-19.

Mahir yang juga seorang pebisnis di bidang properti tersebut mengaku saat ini ikut merasakan langsung penurunan daya beli masyarakat secara signifikan terhadap usaha yang digelutinya.

Baca juga: Forum CSR DKI Jakarta ikut program KSBB

"Apalagi, pertumbuhan ekonomi kita sebelum pandemi sudah melambat, jadi sekarang tambah melengkapi," ujar dia.

Guna menyiasati kondisi tersebut, ia mengaku terus menjalankan bisnis properti namun tidak semasif sebelum pandemi. Sebab, bagaimana pun juga harus tetap bertahan karena para karyawan atau buruh juga menggantungkan hidup dari sana.

Baca juga: Forum CSR DKI berikan penghargaan di bidang pembangunan berkelanjutan

Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020