Pandemi COVID-19, Perum Perindo sasar pasar ritel

Pandemi COVID-19, Perum Perindo sasar pasar ritel

Ilustrasi. Konsumen melihat ikan tuna hasil tangkapan yang dijual di Tempat Pelelangan Ikan, Kendari, Sulawesi Tenggara. ANTARA FOTO/Jojon/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) mulai menyasar pasar ritel sebagai bagian dari strategi bisnis perusahaan di tengah pandemi COVID-19.

"Pada masa pandemi COVID-19 ini, kami turut mengubah strategi korporasi dari sebelumnya fokus pada pemasaran korporasi, sekarang menjajaki pasar ritel," ujar Direktur Utama Perum Perindo Fatah Setiawan Topobroto dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Dalam rangka mendukung strategi itu, ia menyampaikan, pihaknya meluncurkan produk perikanan dengan brand bernama "Ikanaku".

Baca juga: Erick Thohir rombak Direksi dan Dewan Pengawas Perum Perindo

Ikanaku, dipaparkan, terdiri dari produk-produk untuk bahan dasar masakan atau kuliner perikanan khas Indonesia antara lain kakap merah, ikan kembung, bandeng, ikan cakalang, tenggiri, Ikan bawal dan salmon.

Selain itu, ada juga beberapa olahan seperti tenggiri giling, tenggiri steak, tuna steak, salmon portion, angoli fillet, ikan dori, cumi, udang kupas.

Selanjutnya, perusahaan juga menawarkan produk siap masak (ready to cook) seperti Ikan nila bumbu kuning, udang saos dan lainnya.

Fatah Setiawan mengatakan brand Ikanaku itu terdiri atas produk-produk existing yang dimiliki Perum Perindo. Sekarang mulai dikembangkan melalui inovasi produk siap masak (ready to cook) dan siap makan (ready to eat) sesuai kebutuhan masyarakat.

"Oleh karena itu, Perum Perindo menginisiasi brand ritel Ikanaku pada setiap produk unggulan yang dipasarkan," katanya.

Ia menambahkan pihaknya memanfaatkan CMC (computer mediated communication) melalui pemanfaatan aplikasi media komunikasi online pada pendistribusian retail.

"Untuk menciptakan produk kompetitif, kami juga mempromosikan brand ritel Ikanaku melalui berbagai media komunikasi seperti media perusahaan, media sosial dan promosi offline," tuturnya.

Direktur Operasional Perum Perindo Raenhat Tiranto Hutabarat menambahkan strategi pemasaran produk itu bekerja sama dengan BUMN Klaster Pangan.

Kemudian, lanjut dia, Perum Perindo menggandeng kementerian Desa yang akan mendistribusikan produk Ikanaku ke BUMDes yang tersebar di beberapa titik pelosok wilayah di Indonesia.

Ia juga mengatakan produk Ikanaku bisa didapatkan melalui layanan aplikasi whatsapp dan grab mart. Produk Ikanaku juga tersedia di Food Court Pasar Ikan Modern Muara Baru.

"Perum Perindo turut mengevaluasi faktor eksternal seperti adanya regulasi pemerintah maupun isu-isu yang berkembang untuk menciptakan penerapan bisnis yang sehat dan efektif," katanya.

Baca juga: Kemenko Kemaritiman gandeng Perindo pasarkan produk perikanan
Baca juga: Ketua Kadin nilai potensi bisnis Perum Perindo sangat besar

Pewarta : Zubi Mahrofi
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020