Jakarta (ANTARA) - Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas menekankan bahwa kesejahteraan petani harus diwujudkan dalam upaya mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dalam acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan.

Dia mengingatkan bahwa tugas kita untuk memahami 4 Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika, semua sesuai dalam Pembukaan UUD 1945, dimana salah satu isinya tercantum Mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

"Berdasarkan hal itu, maka kehidupan para petani harus lebih sejahtera. Pemerintah harus peduli dan benar-benar memperhatikan serta berpihak kepada para petani," kata Ibas dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca juga: Ibas bantu UMKM terdampak pandemi COVID-19

Baca juga: Ibas bagikan perangkat Wifi gratis peringati Hari Santri


Hal itu dikatakan Ibas dalam acara Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan kepada para Kelompok Tani yang digelar secara virtual serentak di dua daerah, yaitu Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Magetan, Minggu (25/10).

Dia menilai, pemerintah harus benar-benar memperhatikan dan berpihak kepada para petani, karena pertanian adalah sektor krusial bagi kelangsungan hidup suatu negara, terlebih di saat pandemik COVID-19 yang tidak kunjung usai.

Menurut Ibas, Pemerintah harus memastikan produksi pangan terus ditingkatkan untuk mendukung pemulihan ekonomi, antara lain dengan membangun sarana prasarana pertanian, modernisasi alat pertanian, memperkuat korporasi petani dan distribusi pangan, serta memperhatikan ketersediaan pupuk, subsidi dan nilai tukar petani yang tepat.

Dia berpesan agar Program Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO) dan Alat Panen Padi dapat dimanfaatkan dengan baik agar para petani semakin produktif dan berjanji akan terus mengawal program pro-pertanian.

"Syukur alhamdulilah, saat ini juga di hadapan bapak ibu sekalian, sudah mulai dibangun Program UPPO untuk membantu mengoptimalkan produksi pertanian tepat guna. Selain itu, juga ada bantuan mesin panen padi agar bisa memudahkan bapak ibu sekalian saat panen padi tiba," ujarnya.

Dia menitipkan program UPPO dan alat panen agar dijaga, dirawat dan dikembangkan penggunaanya agar semua semakin produktif dan sejahtera.

"Insya Allah, saya akan terus mengawal program pro-petani seperti yang sudah dijalankan di masa pemerintahan Bapak SBY. Saya mendoakan agar hasil panen berlimpah," ujarnya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020