Meski pada masa pandemi, kami tetap ingin mengajak masyarakat tetap produktif dan berkreasi
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyelenggarakan lomba infografis sektor ESDM tahun 2020 dengan  mengusung tema "Energi dan Kesejahteraan".

Kompetisi yang baru pertama kali digelar ini diharapkan mampu meningkatkan kontribusi masyarakat dalam pengelolaan sektor ESDM pada masa mendatang.

Baca juga: Menteri Arifin: Transisi energi ke EBT mutlak diperlukan

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Agung Pribadi mengungkapkan lomba infografis merupakan bagian dari strategi Kementerian ESDM membuka ruang edukasi sekaligus wadah aspirasi dalam meningkatkan keterlibatan masyarakat di sektor ESDM.

"Meski pada masa pandemi, kami tetap ingin mengajak masyarakat tetap produktif dan berkreasi serta mengajak untuk memberi masukan kepada Kementerian ESDM dengan medium kekinian," ujar Agung di Jakarta, Jumat.

Lebih lanjut, Agung mengatakan lomba ini bersifat individu dan terbuka untuk siapa saja, baik pelajar, mahasiswa, hingga masyarakat umum bisa mengirimkan karya terbaiknya maksimal tiga karya.

"Siapapun boleh mengikuti lomba desain infografis ini asalkan mengikuti ketentuan syarat yang sudah ditetapkan oleh panitia," ungkapnya.

Pendaftaran dan pengiriman karya sudah dibuka mulai 20 Oktober 2020. Batas akhir pengiriman karya untuk kemudian dilakukan penjurian ditetapkan pada 13 November 2020.

Sementara itu, pengumuman pemenang akan dipublikasikan pada 22 November 2020.

Tiga belas karya terbaik akan dipublikasikan melalui kanal media sosial Kementerian ESDM dan akan mendapatkan apresiasi pendanaan pengembangan kapabilitas diri sebesar Rp5 juta bagi pemenang I, Rp3 juta pemenang II, Rp2 juta untuk pemenang III, dan masing-masing Rp500 ribu untuk sepuluh pemenang harapan.

"Yang paling penting adalah karya infografis merupakan karya orisinal bukan plagiarisme, belum dipublikasi atau diikutsertakan dalam kompetisi serupa. Dan tentunya relevan dengan tema yang diangkat," tegas Agung.

Terkait kriteria dan syarat lomba desain infografis, lebih detailnya bisa dilihat di laman resmi website Kementerian ESDM atau klik bit.ly/infografiskesdm2020.

Baca juga: Menteri ESDM nilai "smart grid" inovasi ketenagalistrikan
Baca juga: Kementerian ESDM teliti pemanfaatan arus laut dalam Selat Pantar NTT


Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020