PMI salurkan bantuan untuk korban banjir bandang Donggala

PMI salurkan bantuan untuk korban banjir bandang Donggala

Desa Powelua, Kecamatan Banawa Tengah, yang diterjang banjir bandang pada 15 Oktober 2020. (Antara/Anas Masa)

Donggala, Sulteng (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) menyalurkan bantuan meringankan beban masyarakat yang menjadi korban banjir bandang di dua wilayah di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Ketua PMI Kabupaten Donggala yang juga Wakil Bupati,Moh Yasin di Banawa, Rabu, membenarkan telah menyalurkan bantuan di dua kecamatan yang dilanda banjir bandang yakni Kecamatan Banawa Tengah dan Kecamatan Banawa Selatan yang terjadi pada 15 Oktober 2020.

Selain membantu air bersih sekitar 20.000 liter, PMI juga ikut serta mendampingi masyarakat terdampak bencana alam di sejumlah desa yang diterjang banjir.

Baca juga: Bupati: Perbaikan jembatan Kolakola yang putus karena banjir pada 2021

Baca juga: BPBD: Korban banjir di Donggala masih butuh bantuan


Relawan PMI ikut membantu mendampingi para petugas dari BPBD, Basarna, TNI/Polri serta para relawan NGO dalam kerja bakti membersihkan lumpur dan limbah-limbah yang dibawa banjir bandang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Donggala, Akris membenarkan adanya bantuan dari PMI berupa air bersih untuk korban bencana alam di Kecamatan Banawa Tengah dan Banawa Selatan.

Ia mengatakan hingga kini fokus penanganan pasca banjir di dua kecamatan itu masih melakukan pembersihan di permukiman penduduk dan membangun jembatan darurat untuk kelancaran arus lalulintas kendaraan dari dan menuju desa-desa terdampak banjir bandang.

Berbagai bantuan untuk korban bencana alam masih terus mengalir melalui posko-posko bencana alam di kecamatan dan desa.

Air bersih merupakan salah satu kebutuhan mendesak, sebab akibat banjir bandang, fasilitas air bersih di beberapa titik bencana rusak sehingga perlu waktu untuk memperbaiki kembali.*

Baca juga: Tangani pascabanjir Donggala-Sulteng, alat berat dikerahkan ke lokasi

Baca juga: Banjir bandang landa dua wilayah di Donggala, tidak ada korban jiwa
Pewarta : Anas Masa
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020