IPB University terus berupaya hadirkan industri 4.0

IPB University terus berupaya hadirkan industri 4.0

Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) University Prof Arif Satria. (ANTARA/Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) University Prof Arif Satria mengatakan lembaga pendidikan tersebut terus berupaya menghadirkan industri 4.0 dengan membangun fasilitas unggul di kampus Sukabumi mulai dari budidaya ternak modern, perikanan modern hingga pertanian modern.

"Kita hadirkan industri di kampus agar mahasiswa dan pengajar sudah berada dalam lingkungan industri atau aura industri hadir di kampus," kata dia dalam sambutannya pada upacara wisuda secara daring untuk program pendidikan sekolah vokasi tahap I tahun akademik 2019/2020 dengan jumlah peserta 750 orang melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Upaya-upaya tersebut, ujar dia, agar mahasiswa selalu bergerak maju sehingga sekolah vokasi dapat mencetak lulusan yang unggul di bidangnya terutama berkaitan dengan industri 4.0.

Prof Arif mengatakan bahwa pendidikan vokasi IPB university senantiasa menghadirkan lulusan unggul. Dengan menghadirkan teknologi masa kini yaitu teknologi industri 4.0.

Pada kesempatan itu, Prof Arif juga berpesan kepada wisudawan bahwa untuk menghadapi era perubahan ini, para lulusan harus menjadi agile learner atau pembelajar tangguh. Artinya selalu mau belajar hal-hal baru.

Baca juga: IPB University pertimbangkan banyak hal untuk perkuliahan tatap muka

Baca juga: IPB University dan Kemendikbud selenggarakan Satria Data 2020


Pembelajar tangguh bisa beradaptasi terhadap perubahan, turbulensi yang terjadi ketidakpastian yang luar biasa, kompleksitas dan ambiguitas tinggi yang tanda tandanya sudah muncul saat ini. Selain itu, wisudawan juga harus mampu memiliki future mindset dengan softskill kolaborasi, ujar dia.

"Seorang pembelajar akan selalu melihat tanda-tanda alam, tanda-tanda zaman yang menuntut perubahan," katanya.

Untuk mengikuti perubahan dunia dan zaman yang demikian cepat berubah, maka harus diikuti dengan mindset yang berkembang juga. Jika mindset tidak berkembang maka akan tertinggal," katanya.

Selain itu, lakukan cara-cara baru yang belum pernah dilakukan orang lain. Perilaku baru yang berbeda dengan perilaku sebelumnya, kemampuan berkolaborasi dan komunikasi harus diperkuat dengan didukung daya kreasi tinggi.

"Para lulusan merupakan bagian dari masa depan. Para wisudawan harus hadir menjadi trend setter masa depan dengan melakukan future practice," ujar dia.

Menurut dia faktor sukses yang utama adalah integritas. Sebab, merupakan dasar untuk dipercaya oleh orang lain. Selain itu disiplin juga bekerja keras.

Baca juga: Pesta Sains Nasional IPB University diikuti 1.500 siswa SMA

Baca juga: Masyarakat konservasi dideklarasikan Fakultas Kehutanan IPB University
Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020