Menkes Afrika Selatan Mkhize positif corona

Menkes Afrika Selatan Mkhize positif corona

Kuburan yang baru digali terlihat di tengah 'lockdown' nasional akibat penyakit virus corona (COVID-19), di pemakaman Honingnestkrans, utara Pretoria, Afrika Selatan, Selasa (14/7/2020). REUTERS/Siphiwe Sibeko/aww/cfo (REUTERS/SIPHIWE SIBEKO)

Cape Town (ANTARA) - Menteri Kesehatan Afrika Selatan, Zweli Mkhize, beserta sang istri terbukti positif virus corona, menurut kantornya pada Minggu.

"Saya kini menjalani karantina di rumah. Saya beserta istri tetap optimistis bahwa kami akan sembuh total dari virus ini," tulis Mkhize melalui pernyataan.

Mkhize melakukan tes COVID-19 pada Sabtu usai mengalami gejala ringan.

Pada Jumat jumlah infeksi di negara itu, yang paling terdampak COVID-19 di Afrika tersebut, menembus angka 700.000 kasus sejak kasus pertama diumumkan pada Maret dan di tengah kekhawatiran gelombang kedua infeksi akan memperparah resesi ekonomi.

Baca juga: Kasus corona melonjak, Afrika Selatan tutup sekolah negeri
Baca juga: Kasus corona naik, Afsel kembali terapkan jam malam


Menurut data terkini pemerintah pada Sabtu, Afrika Selatan melaporkan 1.928 kasus baru sehingga totalnya mencapai 700.000 lebih, dengan 18.408 kematian.

Mkhize berada di lini terdepan perjuangan Afrika Selatan untuk memerangi pandemi. Pada Minggu ia mendesak masyarakat agar terus mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, melakukan sanitasi dengan benar dan tetap menjaga jarak fisik.

"Apa pun yang kita lakukan dan kemana pun kita pergi, kita harus tetap ingat bahwa masih ada risiko gelombang kedua," katanya.

Sumber: Reuters

Baca juga: Kasus COVID-19 di Afrika Selatan lampaui 700.000
Baca juga: Afrika Selatan cabut pembatasan, restoran boleh kembali buka
Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020