Ikut bersihkan sampah, warga Sidoarjo-Jatim diberi masker gratis

Ikut bersihkan sampah, warga Sidoarjo-Jatim diberi masker gratis

Pj Bupati Sidoarjo, Jatim Hudiyono memberikan masker kepada masyarakat yang turut aktif membersihkan sampah di areal ruang terbuka hijau (RTH) di daerah itu, Minggu (18/10/2020). (FOTO ANTARA/HO--Humas Pemkab Sidoarjo/IS)

Sidoarjo, Jatim (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur memberikan masker gratis kepada warga yang ikut berperan serta dalam membersihkan sampah di ruang terbuka hijau (RTH) sebagai upaya menjaga menjaga kelestarian alam terutama saat menjelang musim hujan seperti sekarang ini supaya tidak banjir.
 
Penjabat (Pj) Bupati Sidoarjo Hudiyono di Sidoarjo, Minggu mengatakan, pihaknya menyiapkan ribuan masker untuk diberikan kepada masyarakat yang ikut aktif membersihkan sampah di RTH Kabupaten Sidoarjo.
 
"Salah satunya di alun-alun, karena kami ingin mengembalikan taman di alun-alun menjadi lebih bersih dan hijau," katanya di sela bersih-bersih Alun-Alun Sidoarjo bersama warga setempat.
 
Ia mengatakan, kegiatan rutinnya setiap hari Jumat kepala dinas dan camat bersih-taman taman kota dan fasilitas umum. Desa dan kelurahan setiap minggu kerja bakti membersihkan fasilitas umum. Seperti bersih jalan, pengerukan selokan dan penebangan dahan pohon untuk antisipasi musim hujan.

Selain menjaga kebersihan dirinya mengajak pengunjung alun-alun disiplin menjaga protokol kesehatan, termasuk kepada anak-anak yang ikut dalam kegiatan itu.
 
Kegiatan bersih-bersih taman alun-alun ini merupakan program kerja Pj. Bupati Sidoarjo dalam rangka memfungsikan kembali taman-taman di Sidoarjo supaya menjadi tempat yang nyaman untuk masyarakat.
 
Ia mengatakan, "Jogo Taman Delta" singkatan dari Menjaga Taman dengan Kepedulian Kita Bersama yang digagasnya itu bakal dimasifkan sampai ke desa.
 
"Menjaga kebersihan dan penghijauan taman - taman di Sidoarjo tidak bisa hanya dilakukan pemerintah saja, masyarakat juga kita ajak agar muncul kepedulian. Program "Jogo Taman Delta" dengan kegiatan Jumat berkah dan minggu berkah, tiap OPD, camat dan kades sampai ke tingkat RT/RW kami ajak bersama-sama peduli menjaga kebersihan, terutama taman dan fasilitas umum", katanyaa.
 
Menurutnya, Program Jogo Taman Delta mengajak dan mengedukasi warga untuk menjaga lingkungannya agar tetap bersih, sekaligus edukasi disiplin protokol kesehatan.
 
"Target Program Jogo Taman Delta ini ada empat, pertama tidak ada lagi taman dan fasilitas publik yang tampak kumuh atau kotor. Kedua, taman dan Fasum jadi tempat wisata alternatif warga sekitar. Ketiga, taman dan fasum tidak menjadi klaster penyebaran COVID-19 karena kebersihan dan protokol kesehatan dijalankan dengan ketat. Dan keempat, mengajak masyarakat peduli menjaga kebersihan di tempat publik," demikian Hudiyono.

Baca juga: Sidoarjo ingin tiap desa punya tempat pengelolaan sampah terpadu

Baca juga: Marinir TNI-AL sosialisasikan pentingnya penggunaan APD cegah COVID-19

Baca juga: Belasan pelanggar protokol kesehatan jalani sidang di tempat

Baca juga: 98 persen pengendara kenakan masker saat hari pertama PSBB di Sidoarjo
Pewarta : Indra Setiawan
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020