untuk semua jenjang pendidikan, SD, SMP, SMA/SMK
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Selatan sosialisasikan 3M dalam materi pembelajaran oleh para guru kepada para murid selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) ataupun belajar di rumah (BDR) diberlakukan.

"Soal sosialsiasi 3M jadi materi pembelajaran iya, untuk semua jenjang pendidikan, SD, SMP, SMA/SMK, selalu setiap saat disampaikan lewat BDR," kata Kepala Sudin Pendidikan Wilayah I Jakarta Selatan, Joko Sugiarto, saat dihubungi di Jakarta Minggu.

Joko menyebutkan, para guru setiap memberikan pembelajaran kepada para siswa akan memasukkan sosialisasi 3m, yakni memakai masker yang benar, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak fisik.

Kegiatan tersebut secara rutin dilaporkan kepada kepala sekolah dan sekolah melaporkannya ke Sudin Pendidikan sebagai bahan monitoring.

"Saya sering mendapat tautan untuk memberikan sambutan atau menyapa anak-anak yang melakukan BDR, di sana kita selalu ingatkan soal 3M," kata Joko.

Menurut Joko, meski masuk dalam materi pembelajaran, tetapi pihaknya tidak memasukkannya dalam bobot penilaian siswa selama BDR. Yang terpenting adalah para siswa dapat memahami pentingnya 3M, sehingga menjadi kebiasaan baru yang dipatuhi.

Untuk menguji pemahaman para siswa, terkadang guru juga meminta siswa membuat video durasi terkait penerapan 3M yang dibantu oleh orang tua siswa untuk mengawasi anak-anaknya.

"Materi 3M itu tidak bisa dinilai, dia cuci tangan kita tidak bisa melihat tapi orang tua yang melihat dan menyampaikan ke gurunya," ujar Joko.

Joko menambahkan, dari video-video kreatif tentang 3M dari para siswa dapat dilihat apakah mereka sudah memakai masker dengan benar, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak fisik ketika berada di luar rumah.

Selain itu, para guru juga menyampaikan kepada para siswa jika saat ini pembelajaran jarak jauh atau belajar di rumah (BDR) masih diberlakukan.

Hal ini dikarenakan situasi pandemi COVID-19 yang belum memungkinkan bagi para siswa belajar secara tatap muka di sekolah.

"Kita sampaikan untuk anak-anak semuanya, BDR itu adalah langkah yang tepat yang dapat kita lakukan, karena saat ini kita tidak bisa melakukan pembelajaran secara tatap muka," kata Joko.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengatakan gerakan cuci tangan bisa masuk ke dalam modul pelajaran sekolah yang dimulai sejak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Seperti diketahui, mencuci tangan merupakan salah satu dari tiga poin dalam gerakan 3M.

Pentingnya mematuhi 3M disampaikan oleh Satgas COVID-19, bahwa dapat menjadi benteng pertahan tubuh dari terpapar COVID-19.
#satgascovid19
#ingatpesanibupakaimasker

Baca juga: Pemkot Jaksel manfaatkan CFD untuk sosialisasi protokol kesehatan
Baca juga: Edukasi 3M dan gelar 3T turunkan kasus COVID-19 di Cilincing

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020