Jakarta (ANTARA) - Aktor Bollywood, Anil Kapoor mengungkapkan pada dunia pengalamannya terkena masalah pada tendon anchille yakni tendinitis achilles selama lebih dari 10 tahun terakhir.

Melalui laman Instagramnya, sang aktor mengatakan, semua dokter yang memeriksa kondisinya merekomendasikan operasi sebagai satu-satunya pilihan agar bisa pulih.

Anil akhirnya mendapatkan rekomendasi pengobatan dari seorang dokter yang dia sebut Dr Muller. Kini, dia mengaku bisa kembali berjalan, berlari hingga melakukan lompatan.

Tendon achilles adalah pita jaringan fibrosa yang menghubungkan otot betis ke tulang tumit. Ini salah satu tendon terkuat di tubuh yang membantu seseorang berdiri membantu berlari dan berjalan.

Saat tendinitis achilles terjadi atau ketika tendon achilles mengalami peradangan, penderita bisa merasakan nyeri terutama di pagi hari atau perasaan seperti ditendang dari belakang jika kondisinya sudah parah dan hal ini menyulitkan pasien untuk berdiri atau berjalan.

Konsultan senior ortopedi, sendi & tulang belakang di Indraprastha Apollo Hospital, Yash Gulati, seperti dilansir dari Indian Express, mengatakan, pembedahan biasanya disarankan dalam kasus tendon Achilles akut yang dapat terjadi karena olahraga atau trauma apa pun.

Menurut dia, tekanan berlebihan dan berulang pada tendon selama bertahun-tahun juga dapat menyebabkan keausan dan ini adalah bentuk cedera yang lebih umum.

Tendonitis achilles dapat diobati dengan fisioterapi, peregangan, injeksi steroid, terapi Platelet-rich plasma (PRP) atau meletakkan bantalan bantalan di bawah tumit.



Baca juga: Aktris Bollywood Rhea Chakraborty ditangkap karena narkoba

Baca juga: Amitabh Bachchan dan putranya positif COVID-19

Baca juga: Koreografer ikonik Bollywood, Saroj Khan meninggal dunia

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020