Palu (ANTARA) - Juru Bicara Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) COVID-19 Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Moh Haris Kariming mengemukakan pasien COVID-19 di Sulteng yang sembuh terus bertambah menjadi 379 orang.

"Hari ini empat orang pasien COVID-19 di Sulteng dinyatakan telah sembuh. Empat orang itu berada di sejumlah daerah antara lain dua orang di Kota Palu, satu orang di Kabupaten Tolitoli dan satu orang di Morowali Utara,"katanya di Palu, Senin malam.

Mereka, lanjut Haris, telah diizinkan pulang dan berkumpul namun harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Secara kumulatif, total pasien COVID-19 yang sembuh hingga kini menjadi 379 orang.

Baca juga: Pasien COVID-19 sembuh di Pamekasan bertambah jadi 305 orang

Sementara itu satu orang pasien di Sulteng yang berada di Kota Palu terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan sampel usap (swab) namun pasien tersebut telah meninggal dunia dan dikebumikan berdasarkan protokol kesehatan COVID-19.

Selain itu dua pasien yang tengah menjalani isolasi di Palu dan Tolitoli juga dinyatakan meninggal dunia.

"Secara kumulatif hingga saat ini sudah 569 orang di Sulteng yang terinfeksi COVID-19. Kemudian total pasien COVID-19 yang meninggal berjumlah 24 orang dan 166 orang menjalani isolasi secara mandiri maupun di pusat pelayanan kesehatan milik pemerintah daerah setempat," ujarnya.

Baca juga: Pasien COVID-19 sembuh bertambah 283 orang di Aceh

Kemudian Haris menyatakan sebanyak 870 sampel usap saat ini masih dalam pemeriksaan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng di Palu.

Ia berharap hasil pemeriksaan 870 sampel usap tersebut negatif COVID-19 agar tidak terjadi peledakan kasus COVID-19 di Sulteng dan semua pasien yang dirawat segera sembuh.

Karena itu, ia mengimbau masyarakat agar mendukung tim pengawas Dinas Kesehatan kabupaten dan kota di Sulteng yang melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif COVID-19.

"Langkah tersebut sangat penting untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan COVID-19 di Sulteng," katanya.

Baca juga: Tambahan 33 positif dan 6 sembuh COVID-19 di Batam
Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Sultra menjadi 2.373 orang
Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di DIY bertambah 84 orang


Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020