anak-anak tingkat SD maupun SMP dalam kondisi terbatas tetap bersemangat menggali ilmu
Jakarta (ANTARA) - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang PS Brodjonegoro memberikan penghargaan kepada enam pemenang Science Studio 2020.

"Saya merasa bangga dan besar hati karena anak-anak baik tingkat SD maupun SMP dalam kondisi yang serba terbatas tetap bersemangat menggali ilmu," kata Menristek dalam acara penyerahan penghargaan secara simbolis tersebut yang ditayangkan secara virtual, Jakarta, Senin.

Science Studio merupakan kegiatan kreativitas ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) anak-anak Indonesia yang diselenggarakan oleh Pusat Peragaan Iptek (PP-Iptek) Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sebagai wahana pembuadayaan iptek masyarakat dalam upaya memelihara semangat dan meningkatkan gairah generasi muda Indonesia dalam berkreasi dan berinovasi iptek sejak dini.

Baca juga: Menristek laporkan hasil riset 3T COVID-19 kepada Presiden

Selain itu, Science Studio mengajak generasi muda yakni pelajar untuk berperan aktif dalam mengkampanyekan isu-isu iptek global melalui kreativitas dan inovasi menuju sumber daya manusia unggul dan mendukung kemajuan iptek di Indonesia.

Science Studio telah diselenggarakan oleh PP-Iptek di sembilan provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur dalam jaringan sejak Mei – Agustus 2020.

Baca juga: Menristek luncurkan 100 produk inovasi Unand siap dikomersialisasi

PP-Iptek mengajak delapan science center daerah (SCD) lainnya untuk berkolaborasi menyelenggarakan kegiatan Science Studio secara bersama dengan mengusung dua kegiatan, yakni Lomba Doodle Art Science Contest bagi siswa SD kelas 4-6 dengan tema "Me vs COVID-19 dan Lomba Photography Contest bagi siswa SMP kelas 1-3 dengan tema "Science Behind Food and Beverages".

Wilayah SCD yang menyelenggarakan Science Studio di antaranya PP-Iptek Jakarta yang mengadakan Doodle Art Science pada 9 – 22 Mei 2020 dan Photography Contest pada15 – 26 Juni 2020); Riau Science Center pada 15 Juni – 14 Juli 2020; Jawa Tengah Science Center pada 21 Juni – 21 Juli 2020.

Science Center Makassar, Sulawesi Selatan pada 21 Juni – 21 Juli 2020; Jatim Park 1 Science Center Malang, Jawa Timur pada 29 Juni – 28 Juli; Science Center Sumatera Barat pada 3 Juli – 4 Agustus 2020; Lampung Science Center, 2 Juli – 10 Agustus 2020.

Baca juga: Menristek: Vaksin Merah Putih untuk COVID-19 harus semanjur mungkin

Mamuli Science Center Kupang, Nusa Tenggara Timur pada 7 Juli – 8 Agustus 2020; dan Pusat Bahasa dan Iptek Pontianak, Kalimantan Barat pada 11 Juli – 12 Agustus 2020.

Keseluruhan jumlah peserta sebanyak 1.054 orang.

Kepada para pemenang lomba, PP-Iptek memberikan penghargaan berupa piala, uang tunai dan piagam penghargaan kepada para masing-masing Pemenang 1, 2, 3, Harapan 1, 2, dan 3 kegiatan Doodle Art Science Contest dan Photography Contest.

Pemenang Doodle Art Science Contest adalah Juara I atas nama Michelle Fiona dari SD Penabur X Jakarta; Juara II Agatha Charlotte Azali dari SD Bunda Hati Kudus Jakarta; serta Juara III Franceska dari SD Marsudirini Jakarta.

Baca juga: Gedung ILSC jadi pusat pengembangan Vaksin Merah Putih

Pemenang Photography Contest adalah Juara I atas nama Ryan Surya Saputra dari SMP Raudlatul Jannah Sidoarjo; Juara II Evan Arva Danendra dari SMPI Al Azhar 29 BSB Semarang; Juara III Perwita Alya Zafirah dari SMPN 250 Jakarta.

Pemenang Lomba Photography Contest lainnya adalah Juara Harapan I atas nama Hasya Zakwa Sjachriar dari SMPN 3 Rancaekek Bandung; Juara Harapan II Angel Anlee dari SMP Tarakanita 2 Jakarta; Juara Harapan III Ivana Veni Nesya dari SMPN 3 Tangerang Selatan.

Selain Doodle Art Science Contest 2020 dan Photography Contest 2020, PP-Iptek rencananya akan mengadakan kegiatan lainnya antara lain Lomba Poster Sains Nasional bidang Antarikasa sebagai seleksi menuju Asia Pasific Regional Space Agency Forum (APRSAF) Poster Contest 2020 yang akan diselenggarakan dalam jaringan pada 16 Oktober 2020.

Baca juga: Menristek: Perkuat kesiapsiagaan hidup di negara rawan bencana

 

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020