Sorong (ANTARA) - Data terkini yang dikeluarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Sorong Provinsi Papua Barat jumlah akumulatif kasus virus corona di daerah itu bertambah 104 orang sehingga totalnya menjadi 1.327 kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Sorong Ruddy Rudolf Lakku di Sorong, Senin, mengatakan hasil pemeriksaan laboratorium terhadap 425 spesimen menunjukkan adanya 104 pasien yang baru dikonfirmasi terserang COVID-19.

Baca juga: Akademisi: Sumut harus terapkan PSPB agar kasus COVID-19 turun

Berdasarkan hasil pemeriksaan, menurut dia, 28 pasien di Kota Sorong dinyatakan sembuh sehingga jumlah pasien yang sudah sembuh dari COVID-19 seluruhnya menjadi 539 orang.

Ia menambahkan, ada 300 spesimen yang masih dalam proses pemeriksaan di laboratorium.

Baca juga: Pesta nikah ditengarai penyebab naiknya kasus positif COVID-19 Sumbar

Selain itu, menurut data Gugus Tugas, seluruhnya ada 19 pasien yang meninggal dunia akibat infeksi virus corona di Kota Sorong.

Ruddy menjelaskan jumlah kasus COVID-19 di Kota Sorong 1.327 orang sehingga paling banyak di wilayah Provinsi Papua Barat.

Baca juga: Kumulatif positif COVID-19 Kalteng capai 3.902 kasus

Kasus infeksi virus corona di Kota Sorong, menurut dia, umumnya disebabkan oleh transmisi atau penyebaran lokal.

Oleh karena itu, dia kembali mengingatkan warga supaya disiplin menjalankan protokol kesehatan guna menghindari penularan penyakit itu.

"Penanganan dan pencegahan penyebaran virus corona adalah tanggung jawab bersama. Rajin cuci tangan, selalu gunakan masker, serta menerapkan pola hidup sehat demi melindungi diri dan keluarga," katanya.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2020