Tindakan terukur dilakukan karena si pelaku yang merupakan DPO curat karena melawan petugas saat penangkapan di Pasuruan, Senin (5/10) pukul 23.20 WIB
Surabaya (ANTARA) - Tim Opsnal Subdit III Jatanras Polda Jatim bersama Tim Resmob Polres Pasuruan Kota menembak mati seorang daftar pencarian orang (DPO) pelaku pencurian dengan pemberatan bernama Sues di Pasuruan, Senin (5/10) malam.

"Tindakan terukur dilakukan karena si pelaku yang merupakan DPO curat karena melawan petugas saat penangkapan di Pasuruan, Senin (5/10) pukul 23.20 WIB," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko di Surabaya, Selasa.

Pria yang akrab disapa Truno itu mengungkapkan penangkapan warga Desa Plososari, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan bermula saat petugas mendapatkan informasi bahwa DPO sedang berada di rumah warga menghadiri hajatan.

Anggota yang sudah berjaga di Mako Polsek Grati, lantas bergerak cepat memburu pelaku.

Baca juga: Polda Jatim dalami video viral polisi dangdutan di Tulungagung

Baca juga: Polda Jatim: Kasat Sabhara Polres Blitar tidak jadi mundur


Tepat di jalan Desa Jeladri, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan anggota berpapasan dengan Sues, yang mengendarai motor bersama seseorang yang tidak dikenal.

"Anggota yang tak mau kehilangan jejak tersangka langsung memutar arah dan mengejar tersangka, namun saat dilakukan pengejaran, tersangka mengetahui jika dirinya diburu oleh polisi," ucap-nya.

Saat akan masuk ke gang kecil, salah seorang anggota kepolisian yakni Bripda Muhammad Benny menarik sarung tersangka hingga terjatuh.

Saat terjatuh, secara tiba-tiba tersangka mengeluarkan senjata jenis revolver rakitan dengan amunisi 5,56 mm dan menembakkan ke arah Bripda Benny dan Bripka Sutiyono.

"Atas kejadian ini, anggota lain sempat baku tembak dengan tersangka. Tersangka akhirnya tewas di lokasi kejadian," ungkap-nya.

Perwira menengah dengan tiga melati emas di pundak itu menyebut bahwa tersangka ini sudah kerap kali melakukan tindak kriminalitas.

Berdasarkan catatan kepolisian, tersangka juga seorang residivis pencurian hewan sapi di wilayah hukum Polres Lumajang.

Selanjutnya, residivis Polres Pasuruan dengan kasus membacok warga, dan menjadi daftar pencarian orang (DPO) dengan beberapa kasus di antaranya, perampasan sepeda motor di Gempol Pasuruan, pelemparan bondet anggota Brimob Watu Kosek dan terakhir menjadi DPO Polda Jatim terkait kasus pencurian kendaraan bermotor (roda empat).

“Selama masa pandemik COVID-19, Polri tetap melakukan pemeliharaan kantibmas dan penegakan hukum untuk melindungi masyarakat, mengayomi dan melayani masyarakat," tutur-nya.

Dari penangkapan tersangka, polisi mengamankan beberapa barang bukti di antaranya, senjata api rakitan jenis revolver warna perak dan gagang warna hitam beserta peluru tajam kaliber 5,56 mm.

Jumlah dalam dompet 11 butir dan dalam silinder satu butir dan selongsong dalam silinder lima butir, serta enam butir peluru hampa.

Selanjutnya sebilah senjata tajam jenis pedang dengan panjang 70 cm dengan sarung pedang terbuat dari kulit, satu sabuk kain hitam berisi jimat dan Asatu unit sepeda motor Honda CBR merah kombinasi putih.

Atas kejadian tersebut beberapa anggota mengalami luka di antaranya, Bripka Hariz Farizy, Polres Pasuruan Kota mengalami luka percikan api senjata api pelaku di tangan kiri, Bripka Sutiyono, Polres Pasuruan Kota mengalami luka tembak di perut bawah sebelah kiri dan Bripda Muhammada Beny dari Subdit Jatanras mengalami luka tembak di bagian perut tengah.

Saat ini jenazah tersangka dievakuasi ke Rumah Sakit Grati, dan untuk tiga anggota yang mengalami luka akibat kejadian itu dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk mendapatkan perawatan dan dilakukan operasi.

Baca juga: Berseteru dengan kapolres, kasat Sabhara Blitar ditarik ke Polda Jatim

Baca juga: Polisi bubarkan kegiatan "KAMI" di Surabaya


Pewarta: Fiqih Arfani/Willy Irawan
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020