Sepekan, anak mantan GAM jadi calon TNI hingga akses kuota belajar

Sepekan, anak mantan GAM jadi calon TNI hingga akses kuota belajar

Tiga bunga Rafflesia kemumu mekar di Bengkulu Utara (ANTARA/HO))

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora dari beberapa daerah menjadi perhatian banyak pembaca selama sepekan mulai dari anak mantan pemimpin GAM yang lulus seleksi masuk TNI Angkatan Darat hingga kuota belajar pada bantuan kuota internet bisa digunakan untuk mengakses 19 aplikasi pembelajaran.

1. Anak mantan pemimpin GAM lulus seleksi masuk TNI AD

Rizky Maulana, anak mantan pemimpin kelompok Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Nurdin Ismail atau lebih dikenal Din Minimi, lulus seleksi menjadi prajurit TNI Angkatan Darat.

Anak pertama Din Minimi tersebut kini mulai masuk pendidikan militer di Rindam Iskandar Muda Mata le, Aceh Besar.

2. Tiga bunga Rafflesia kemumu mekar di Bengkulu Utara

Tiga kuntum bunga langka yang dilindungi Rafflesia jenis kemumu mekar sempurna bersamaan di satu lokasi di sekitar kebun warga Desa Tanah Hitam, Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

Anggota Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Utara, Dani Umbara mengatakan tiga rafflesia yang mekar serentak dalam satu lokasi tersebut baru pertama kali ditemukan.

3. Ganjar dan Moeldoko minta rumah sakit jujur data kematian pasien

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Kepala Kantor Staf Kepresidenen Moeldoko sepakat meminta pihak rumah sakit bersikap jujur mengenai data kematian pasien saat pandemi COVID-19 agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat.

"Tadi saya diskusi banyak dengan Pak Gubernur, salah satunya adalah tentang definisi ulang kasus kematian selama pandemi. Definisi ini harus kita lihat kembali, jangan sampai semua kematian pasien itu selalu dikatakan akibat COVID-19," kata Moeldoko di Semarang, Kamis (1/10).

4. Kuota belajar dapat akses 19 aplikasi pembelajaran

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan kuota belajar pada bantuan kuota internet dapat digunakan untuk mengakses 19 aplikasi pembelajaran.

"Sampai saat ini baru 19 aplikasi untuk kuota belajar. Kami menerima masukan, jika ada usulan penambahan aplikasi lainnya," ujar Pelaksana tugas Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Hasan Chabibie dalam taklimat media di Jakarta, Selasa (29/9).

5. Buaya muara di Pangkalpinang dipasung setelah datangi permukiman

Warga kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, menangkap seekor buaya sepanjang dua meter yang masuk ke permukiman padat penduduk, Senin (28/9).

Selanjutnya binatang reptil tersebut dievakuasi tim penyelamat satwa, untuk dibawa ke pusat penangkaran buaya Air Jangkang, Kabupaten Bangka, untuk direhabilitasi sebelum dikembalikan ke habitatnya. (T.D018)
Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020