Kendari (ANTARA) - Tim Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Sulawesi Tenggara (Sultra) menyampaikan bahwa pasien sembuh dari virus corona di provinsi itu bertambah dan kini tercatat sebanyak 1.947 orang per 1 Oktober 2020.

Juru Bicara (Jubir) Satgas COVID-19 Sultra, La Ode Rabiul Awal di Kendari, Kamis, mengatakan pasien sembuh hari ini tercatat sebanyak 15 orang berasal dari Kabupaten Konawe dan Kota Kendari.

"Rincian pasien sembuh COVID-19 di Sulawesi Tenggara pada hari ini Konawe dua orang dan Kendari 13 orang," kata Rabiul.

Baca juga: IDI Sultra catat sebanyak 52 orang anggotanya positif COVID-19

Meskipun demikian, Rabiul juga menyampaikan bahwa hari ini Sultra masih ada penambahan kasus positif baru sebanyak 46 orang sehingga total kasus konfirmasi positif COVID-19 menjadi 2.906 orang.

"Rincian kasus positif baru hari ini (Kota) Kendari 37 orang, Baubau tiga orang dan masing-masing satu orang dari (Kabupaten) Buton Utara, Konawe, Konawe Selatan, Kolaka, Kolaka Timur dan Kolaka Utara," jelas Rabiul.

Pria yang akrab disapa Dokter Wayong ini juga menuturkan bahwa kasus meninggal di provinsi itu juga ada penambahan satu orang laki-laki (78) berasal dari Kabupaten Kolaka Timur, sehingga total pasien meninggal akibat COVID-19 sebanyak 61 orang.

Baca juga: KPU Sultra tegaskan setiap paslon wajib patuhi protokol kesehatan

Sebaran 61 kasus meninggal COVID-19 di Sultra, yakni Kota Kendari 25 orang, Baubau 13 orang, Kabupaten Muna lima orang, Buton empat orang, Kolaka Utara dua orang, Buton Selatan satu orang, Konawe Selatan dua orang, Konawe dua orang, Buton Utara satu orang, Kolaka tiga orang, Bombana satu orang, Muna Barat satu orang dan Kolaka Timur satu orang.

"Sementara pasien COVID-19 yang saat ini tengah menjalani perawatan isolasi maupun karantina di sebanyak 898 orang," ungkap Wayong.

Ia mengimbau seluruh masyarakat agar disiplin protokol kesehatan saat menjalankan aktivitas di tengah kebiasaan baru, yakni memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun, guna mencegah penularan dan menekan angka kasus COVID-19.

Baca juga: Manggala Agni Sultra edukasi anak pencegahan COVID-19
Baca juga: Sultra luncurkan sejuta masker wujudkan Pilkada aman dari COVID-19

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020