Angka kesembuhan pasien COVID-19 di Aceh Barat capai 72,9 persen

Angka kesembuhan pasien COVID-19 di Aceh Barat capai 72,9 persen

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Aceh Barat, Amril Nuthihar. (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

Meulaboh (ANTARA) - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kabupaten Aceh Barat, Amril Nuthihar menyatakan angka kesembuhan (recovery rate) pasien COVID-19 di kabupaten tersebut kini meningkat menjadi 72,9 persen.

“Peningkatan angka kesembuhan ini dipicu banyaknya jumlah warga atau pasien COVID-19 yang sudah dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan medis, termasuk melakukan isolasi mandiri,” kata Amril Nuthihar di Meulaboh, Rabu malam.

Ia menjelaskan, ada pun total warga yang sudah sembuh hingga Rabu malam mencapai 54 orang, dari total warga yang terinfeksi COVID-19 di Kabupaten Aceh Barat sebanyak 74 orang.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Lampung bertambah jadi 648

Amril Nuthihar mengatakan, pada Selasa (29/9) lalu angka kesembuhan (recovery rate) COVID-19 di Aceh Barat berada di angka 66,2 persen, dengan jumlah pasien yang sembuh mencapai 49 orang dari total warga terinfeksi sebanyak 74 orang.

Tingginya angka penyembuhan itu, kata dia, dipicu beberapa faktor di antaranya sigapnya petugas kesehatan melakukan perawatan medis kepada pasien, dan semangat pasien untuk sembuh.

Selain itu, meningkatnya angka kesembuhan ini juga disebabkan adanya kesadaran dari masyarakat yang mematuhi anjuran pemerintah, untuk menerapkan aturan protokol kesehatan selama menjalani isolasi mandiri, termasuk ketika beraktivitas selama masa isolasi.

Baca juga: Total pasien sembuh dari COVID-19 di Jakarta tembus 60 ribu

“Pemkab Aceh Barat berharap angka kesembuhan pasien COVID-19 di Aceh Barat setiap harinya semakin bertambah,” kata Amril Nuthihar menambahkan.

Ia juga menjelaskan, jumlah pasien terinfeksi virus corona asal Kabupaten Aceh Barat yang masih berada dalam perawatan medis di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh sebanyak 1 orang, dan 13 orang pasien menjalani isolasi mandiri.

Sementara jumlah pasien suspek dalam pantauan sebanyak 17 orang, dan warga yang kontak erat dengan pasien positif dalam pantauan GTPP Aceh Barat sebanyak 250 orang, kata Amril menuturkan.

Baca juga: Puluhan penghuni Al Izzah di Kota Batu dinyatakan sembuh dari COVID-19
Baca juga: Sembuh COVID-19 di RI akhir September tambah 4.510 jadi 214.947 orang
Baca juga: Dino Patti Djalal sembuh dari COVID-19
Pewarta : Teuku Dedi Iskandar
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020