biayanya murah, terjangkau dan bersifat massal
Jakarta (ANTARA) - Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto menilai moda transportasi kereta api menjadi salah satu pilar kunci dalam menumbuhkan perekonomian secara cepat.

"Moda transportasi kereta api menjadi salah satu pilar kunci dalam menumbuhkan perekonomian secara cepat, mengingat biayanya murah, terjangkau dan bersifat massal," ujar Eko saat dihubungi Antara di Jakarta, Senin.

Menurut ekonom Indef itu, sekarang untuk ke depannya kalau mau harga barang-barang menjadi murah dengan arus distribusi yang cepat, sebetulnya peluang moda kereta untuk berperan mewujudkan hal ini sangat besar.

Terkait upaya PT Kereta Api Indonesia dalam melakukan reaktivasi jalur-jalur lama, Eko menilai itu merupakan salah satu agenda penting dan paling layak dalam mempercepat perekonomian Indonesia.

Indonesia memiliki wilayah yang luas, dan di Pulau Jawa saja banyak sekali stasiun dan jalur kereta lama yang belum diaktifkan kembali.

"Upaya ini dibutuhkan dalam mempercepat proses-proses pembentukan kutub-kutub ekonomi baru baik di Jawa maupun luar Jawa," katanya.

Lebih lanjut Eko mengatakan ada banyak contoh negara-negara yang berhasil menjadikan kereta sebagai moda andalan dalam pendistribusian barang, seperti Amerika Serikat dan China. Bahkan China berhasil mengintegrasikan dan mengkoneksikan jalur kereta langsung ke pelabuhan-pelabuhan sehingga betul-betul terintegrasi antara jalur kereta dengan pelabuhan.

Bahkan untuk negara yang basisnya pariwisata seperti negara-negara Eropa, ketika mereka mengembangkan kereta api sebagai transportasi andalan maka negara-negara itu menjadi maju.

Basis dasarnya adalah perjalanan dengan menggunakan kereta api itu aman dan memang potensial untuk Indonesia ke depannya.

"Tinggal bagaimana kemudian kita mendesain dan mengembangkannya secara bertahap karena membutuhkan dana yang cukup besar," ujar Eko.

Baca juga: HUT KAI, Presiden: Kereta api transportasi murah, aman, dan nyaman
Baca juga: Peringati HUT ke-75, KAI Daop 1 beri diskon tiket kereta jarak jauh
Baca juga: Balitbanghub rilis hasil riset pemulihan bisnis kereta api

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020