Palembang (ANTARA News) - Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatra Selatan (Sumsel) memberikan bantuan berupa paket sembilan kebutuhan pokok kepada korban banjir di Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I Palembang, Kamis.

Bantuan sebanyak 150 paket sembilan kebutuhan pokok antara lain berasal dari masyarakat termasuk wartawan melalui PWI itu diserahkan langsung Ketua PMI Sumsel, Hj Eliza Alex Noerdin.

Hadir dalam acara penyerahan bantuan tersebut antara lain isteri Ketua DPRD Provinsi Sumsel, Ny.Elsye Wasista Bambang Oetoyo.

Ketua PMI Sumsel mengatakan, bantuan tersebut tidak lain untuk meringankan beban masyarakat yang tertimpa bencana terutama banjir yang melanda saat ini.

Bantuan akan berlanjut karena PMI merupakan lembaga sosial yang sangat peduli dengan masyarakat terutama yang terkena bencana, ujar dia.

Dia mengatakan, memang banjir suatu bencana yang perlu terus diantisipasi bagi seluruh aparat termasuk masyarakat supaya tidak terulang kembali.

Namun, lanjut dia, yang lebih penting lagi dan perlu diwaspadai terjangkitnya penyakit pasca banjir.

Sebelumnya PMI Sumsel telah meninjau banjir di Kabupaten Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir (OKI).

Lurah Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I Palembang, Mustarin Amin mengatakan, daerah ini memang terdiri dari rawa sehingga potensial terkena banjir.

Untuk mengantisipasi banjir tersebut pihaknya rutin membersihkan gorong-gorong yang ada di kelurahan tersebut agar saluran air menjadi lancar.

Daerah yang terkena banjir di kelurahan Bukit Lama itu yakni Rukun Tetangga (RT) 53, 54, 55 dan 56, kata dia.

Air yang menggenangi Kelurahan tersebut sudah sepuluh hari namun empat hari terakhir ini genangannya cukup tinggi, tambah dia.

(T.U005/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010