Kemarin, PPATK dapat penghargaan hingga TEI 2020 digelar November

Kemarin, PPATK dapat penghargaan hingga TEI 2020 digelar November

Dokumentasi - Stand Indonesia Seafood di Trade Expo Indonesia (TEI) 2019. ANTARA/HO-KKP/am.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Senin (21/9) kemarin, mulai dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mendapatkan penghargaan dari Bank Dunia dalam Best Egmont Case Awards 2020 (BECA) hingga Trade Expo Indonesia (TEI) 2020 yang digelar secara virtual pada 10-16 November 2020 mendatang.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Bank Dunia beri penghargaan kepada PPATK

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mendapatkan penghargaan dari Bank Dunia dalam Best Egmont Case Awards 2020 (BECA) sebagai pemenang "2020 World Bank's Stolen Asset Recovery Initiative (StAR) Recognition".

Dalam kompetisi tahunan yang diselenggarakan sejak 2011 oleh the Egmont Group, Indonesia berhasil memperoleh penghargaan itu dari 24 kasus yang berasal dari 19 negara yang mengikuti kompetisi tersebut.

2. Kementerian PUPR akan tuntaskan rehabilitasi ratusan sekolah tahun ini

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR akan merampungkan rehabilitasi terhadap ratusan sekolah pada tahun ini dalam rangka mendukung peningkatan kualitas pendidikan nasional.

“Kita lanjutkan pembangunan sarana pendidikan guna mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia. Manfaatkan fasilitas yang sudah dibangun. Generasi mendatang harus lebih pintar karena fasilitasnya lebih baik,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

3. Kadin usulkan insentif "tax holiday" 10 tahun, gairahkan investasi EBT

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Energi Terbarukan (EBT) dan Lingkungan Hidup, Halim Kalla mengusulkan bahwa insentif pajak (tax holiday dan tax allowance) setidaknya dalam jangka waktu panjang minimal 10 tahun.

“Insentif yang disediakan jika ingin menarik minat investor energi baru terbarukan disediakan jangka waktu panjang tertentu, agar dapat menyentuh keekonomian energi,” kata Halim dalam RDPU di Jakarta, Senin.

4. Pemerintah sahkan protokol perdagangan genjot ekspor di ASEAN

Pemerintah mengesahkan protokol pertama yang mengubah persetujuan perdagangan barang ASEAN melalui Peraturan Presiden Nomor 84 Tahun 2020 untuk menggenjot ekspor negara-negara di dalam kawasan Asia Tenggara.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antarlembaga Kementerian Keuangan Syarif Hidayat di Jakarta, Senin, mengatakan setelah pengesahan protokol itu, diterbitkan Peraturan Menteri Keuangan tentang Tata Cara Pengenaan Tarif Bea Masuk Barang Impor Berdasarkan Persetujuan Perdagangan Barang ASEAN.

5. Trade Expo Indonesia 2020 bakal digelar secara virtual mulai November

Pameran produk ekspor terbesar di Indonesia bernama Trade Expo Indonesia (TEI) 2020 digelar secara virtual pada 10-16 November 2020 untuk tetap menggenjot kinerja ekspor nasional di tengah pandemi COVID-19 yang terjadi.

“Memang dengan situasi pandemi ini kita tidak boleh berhenti, artinya kita harus maju terus. Inilah salah satu alasan kita meluncurkan TEI Virtual Exhibition, di mana mudah-mudahan kita bisa meningkatkan ekspor kita,” kata Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto saat menggelar konferensi pers secara virtual yang ditayangkan online di Jakarta, Senin.

 
Pewarta : Ade irma Junida
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020