Tambah 36, positif COVID-19 Kabupaten Cirebon-Jabar naik 609 kasus

Tambah 36, positif COVID-19 Kabupaten Cirebon-Jabar naik 609 kasus

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Jawa Barat Enny Suhaeni saat memberikan keterangan kepada awak media pada September 2020. (FOTO ANTARA/Khaerul Izan)

Cirebon, Jabar (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Jawa Barat menyatakan pada Jumat (18/9) 2020 ada 36 tambahan orang yang positif terpapar virus corona jenis baru penyebab COVID-19 sehingga jumlah totalnya naik menjadi sebanyak  609 orang kasus.

"Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Cirebon masih belum menunjukkan penurunan. Data pada Jumat (18/9) ini terdapat 36 tambahan orang yang positif COVID-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni di Cirebon, Jumat.

Ia mengatakan dengan penambahan 36 kasus baru itu maka saat ini di Kabupaten Cirebon jumlah total warga yang terpapar virus mematikan itu naik lagi mencapai 609 orang.

Dari jumlah tersebut, kata dia, 27 orang meninggal dunia, 198 sembuh dan 384 orang masih dalam perawatan serta isolasi mandiri.

Dengan masih bertambahnya kasus positif COVID-19, pihaknya terus mengimbau kepada masyarakat agar tetap menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

"Untuk total saat ini sudah mencapai 609 orang, jadi harus lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan," katanya.

Pihaknya telah melakukan tes usap polymerase chain reaction (PCR) untuk mendeteksi COVID-19 kepada 22.920 warga. Dari  jumlah tersebut sudah memenuhi 1 persen dari populasi penduduk di Kabupaten Cirebon.

Meskipun sudah melampaui pengetesan 1 persen dari jumlah penduduk, akan tetapi pihaknya memastikan terus melakukan tes usap, agar penyebaran COVID-19 bisa segera ditangani.

"Meskipun sudah 1 persen, tapi kami akan terus melakukan uji PCR,"  demikian  Enny Suhaeni .

Baca juga: Sebaran COVID-19 di Cirebon tak akan ditutup-tutupi, sebut bupati

Baca juga: 30 warga Kabupaten Cirebon terjangkit COVID-19

Baca juga: 19 warga Kabupaten Cirebon terpapar COVID-19 dari kontak erat

Baca juga: Dua warga Kabupaten Cirebon meninggal akibat COVID-19
Pewarta : Khaerul Izan
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020