Jakarta (ANTARA) - Dewan Pers menargetkan sebanyak 1.700 wartawan di 34 provinsi dapat mengikuti pelatihan dan uji kompetensi wartawan pada 2021.

"Uji kompetensi wartawan di 34 provinsi untuk kategori sertifikasi tingkat utama, madya, dan muda. Dengan target seluruhnya tahun depan, 1.700 wartawan," ujar anggota Dewan Pers Asep Setiawan dalam rapat dengar pendapat Komisi I DPR RI di Senayan, Jakarta, Rabu.

Untuk pelaksanaan uji kompetensi wartawan (UKW), Dewan Pers akan bekerja sama dengan 18 lembaga uji aktif yang telah ditunjuk oleh Dewan Pers.

Baca juga: Dewan Pers: Wartawan, profesi yang tidak bisa berhenti saat pandemi

Jumlah anggaran yang dialokasikan untuk pelaksanaan peningkatan kompetensi jurnalis untuk tahun 2021 sebesar Rp10 miliar lebih.

Selain itu, Dewan Pers juga menargetkan 85 persen penyelesaian pengaduan masyarakat terhadap kasus pers serta melaksanakan pendataan dan verifikasi faktual terhadap 350 perusahaan pers pada 2021.

Asep mengatakan bahwa pelaksanaan pendataan dan verifikasi faktual itu dilakukan Dewan Pers agar semua perusahaan pers memenuhi semua ketentuan standar perusahaan pers.

Verifikasi faktual perusahaan pers dilakukan Dewan Pers dengan mengadakan kunjungan langsung ke lokasi perusahaan di daerah-daerah.

Baca juga: Peretasan media, Dewan Pers minta kasus ditangani dengan profesional

Selanjutnya, seluruh perusahaan pers yang telah dinilai memenuhi persyaratan dapat melakukan verifikasi administrasi secara daring melalui aplikasi.

"Jumlah anggaran yang dialokasikan untuk layanan aduan masyarakat terhadap kasus pers untuk tahun 2021 sebesar Rp2,2 miliar," katanya.

Sementara, anggaran yang dialokasikan untuk pendataan dan verifikasi faktual perusahaan pers untuk tahun 2021 sebesar Rp1 miliar.

Adapun Dewan Pers mengajukan total kebutuhan anggaran untuk tahun 2021 sebesar Rp35.614.034.000 yang terdiri dari alokasi anggaran kegiatan tugas dan fungsi Dewan Pers sebesar Rp23.623.175.000, serta program dukungan manajemen berupa anggaran kesekretariatan, layanan perkantoran, dan belanja modal sebesar Rp11.990.859.000.

Baca juga: Ketua Dewan Pers ingatkan perlindungan jurnalis selama normal baru

"Kami akan berupaya melakukan optimalisasi pencapaian target program kegiatan, sesuai dengan tugas dan fungsi Dewan Pers sebagaimana diamanatkan dalam pasal 15 Undang-Undang 40 tahun 1999 tentang Pers," kata Asep.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020